12 Asuransi Mobil Terbaik, Mana yang Tepat untuk Dipilih?

asuransi mobil terbaik
asuransi mobil terbaik

Selayaknya manusia, kendaraan yang kita miliki juga harus diberikan perlindungan terbaik dengan asuransi mobil.

Namun, kini  banyak sekali pilihan asuransi mobil terbaik di Tanah Air yang memudahkan orang memilih produk asuransi mobil yang diminati. Sehingga, terkadang masih bingung menentukan produk asuransi mobil mana yang bisa dipilih.

Jika saat ini sedang mencari dan menimbang produk asuransi mobil mana saja yang bisa dan layak untuk dipilih. Maka, bisa mempertimbangkan sejumlah produk asuransi mobil yang masuk daftar asuransi terbaik tahun ini.

Berikut ini adalah daftar rekomendasi asuransi mobil terbaik:

1. Asuransi mobil ACA

Asuransi mobil ACA alias ACA Otomate memberikan layanan mobil pengganti yang membuat nasabah tetap dapat produktif ketika mobil sedang diperbaiki di bengkel.

Ada pula fasilitas Roadside Assistance yang akan membantu kamu dalam memperbaiki kerusakan mobil langsung di lokasi. Namun, layanan ini cuma berlaku di area Jabotabek, Bandung, Sukabumi, dan Semarang.

Asuransi mobil ACA juga menawarkan produk comprehensive atau gabungan untuk para konsumennya.

Produk ini memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan serta kehilangan atau kerusakan sebagian maupun seluruh kendaraan akibat kebakaran, perbuatan jahat, kejatuhan benda, pencurian, perampokan, tabrakan, benturan serta kecelakaan lalu lintas lainnya.

Jika tertarik memilikinya, Anda bisa langsung mengisi data diri secara lengkap pada website resmi ACA. Nantinya pihak asuransi ACA untuk perlindungan mobil ini akan menghubungimu, guna memproses pembelian dan pengajuan asuransi.

2. Asuransi mobil Sinarmas

Rekomendasi kedua adalah asuransi mobil Sinarmas yang menyediakan dua pilihan, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Asuransi Sinarmas menyediakan produk asuransi mobil dengan premi terjangkau, untuk TLO dimulai dari Rp35 ribuan per bulan dan Rp175 ribuan per bulan untuk All Risk.

Sinar Mas memberikan jaminan perlindungan untuk produk asuransi gabungan (comprehensive) sampai dengan usia mobil 10 tahun, sedangkan pada TLO diberikan jaminan sampai dengan usia mobil 20 tahun.

Sinarmas juga memberi perlindungan sampai 12 tahun, dan jaringan bengkelnya tersebar di 500 titik di seluruh wilayah Indonesia.

3. Adira Syariah

Ingin mencari asuransi mobil terbaik yang menggunakan konsep syariah? Bagi umat muslim bisa mempertimbangkan asuransi dari Adira Syariah. Adira Syariah sampai detik ini baru menyediakan asuransi all risk, meski begitu asuransinya dikenal sangat bagus.

Preminya sendiri berkisar di angka Rp800 ribuan saja per tahun dengan perlindungan selama 10 tahun dan jaringan bengkel sebanyak 300 titik.

4. Garda Oto

Asuransi mobil ini tentu sangat familiar, Garda Oto menawarkan klaim asuransi melalui 4 channels. Yaitu, Garda Mobile Otocare melalui aplikasi, Garda Akses 24 jam melalui telepon, klaim online lewat website, serta Unit Layanan Strategis yang ada di berbagai pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Layanan asuransi Garda Oto memiliki tambahan fitur berupa tanggung jawab pihak ketiga, serta perluasan huru-hara serta bencana alam.

5. Allianz Utama Indonesia

Asuransi yang kantor pusatnya di Kuningan, Jakarta Selatan ini bukan hanya jaminan lokal hingga dunia.

Allianz memiliki produk asuransi MobilKu yang menyediakan tiga paket komprehensif yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ada pilihan paket Allianz MobilKu Grand yang memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap segala kerusakan maupun pencurian. Kemudian, Allianz MobilKu ECO yang menawarkan biaya premi lebih murah.

Dalam Allianz MobilKu Suka-Suka, memberikan pilihan paket asuransi sesuai dengan keinginan nasabah.

6. Adira Autocillin

Rekomendasi yang keenam adalah Adira Autocillin yang masih satu naungan dengan Adira Syariah, yakni di bawah PT Asuransi Adira Dinamika. Sama seperti versi syariah-nya, di sini juga tersedia asuransi mobil all risk saja.

Nilai preminya adalah Rp800 ribuan per tahun dengan perlindungan selama 10 tahun. Keuntungan tambahan yang diberikan adalah garis towing dan perpanjang STNK.

7. Tugu Pratama

Pilihan asuransi mobil yang bagus  berikutnya adalah dari Tugu Pratama yang bernaung di bawah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Asuransi ini menawarkan asuransi all-risk dengan premi Rp30 ribuan saja per bulan.

Jaringan bengkelnya ada 300 titik di seluruh wilayah Indonesia dan memberi perlindungan selama 10 tahun. Nilai tambahnya, nasabah bisa klaim bengkel non rekanan.

8.  AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance memiliki produk asuransi bernama Smartdrive yang memberikan perlindungan terhadap kehilangan mobil, kecelakaan maupun dicuri oleh sopir pribadi.

Nasabah juga akan mendapatkan pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga serta manfaat lain yang didapat sesuai dengan produk yang dipilih.

9. Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera adalah asuransi mobil yang menghadirkan produk layanan JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor).

Program ini memberi jaminan risiko-risiko kerusakan dan atau kehilangan dari kendaraan itu sendiri.

Tersedia pula dua ruang lingkup pertanggungjawaban atau perlindungan yang diberikan JP-ASTOR, yaitu TLO dan all risk.

Selain itu, premi kedua dikenal sangat murah. Jaringan Jasaraharja Putera ini juga cakupannya luas, tersebar di luar Jakarta.

10. ABDA Auto Insurance

Asuransi mobil ABDA juga jadi salah satu rekomendasi asuransi mobil terbaik. ABDA menyediakan jaminan utama berupa perlindungan all risk serta TLO dengan review menarik.

Seperti layanan Road Assistance 24 jam full yang berupa mobil derek, fuel delivery, locksmith, battery boosting, dan flat tire.

Selain itu, terdapat perlindungan untuk kecelakaan diri bagi pengemudi serta dengan tambahan biaya premi yang tidak memberatkan.

11. Jasindo Oto Insurance

Jasindo Oto,  asuransi yang sudah ada sejak 1973 menawarkan 2 tipe perlindungan yaitu All Risk dan TLO.

Jasindo OTO Insurance memiliki jaringan bengkel luas di seluruh Indonesia, gratis biaya mobil derek, kemudahan dalam membayar premi, serta batas usia mobil hingga 15 tahun untuk asuransi TLO.

12. BRINS OTO

BRINS OTO yang merupakan layanan dari asuransi BRI yang memberikan perlindungan terhadap mobil dari berbagai risiko yang disertai dengan perluasan jaminan.

Ada dua jenis jaminan pada BRINS OTO, yaitu pertanggungan gabungan atau comprehensive dan kerugian untuk TLO.

Terdapat empat paket yang ditawarkan BRINS OTO Platinum, BRINS OTO Gold, BRINS OTO Silver dan BRINS OTO BRONZE.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

asuransi mobil all risk terbaik
asuransi mobil all risk terbaik

Dari 12 asuransi mobil terbaik yang direkomendasikan di atas, kini terbesit dalam pikiran bagaimana cara menentukan asuransi mobil terbaik?

Setiap perusahaan asuransi kendaraan biasanya menyediakan beberapa pilihan produk asuransi. Supaya bisa memilih dengan benar yakni yang sesuai kebutuhan, maka bisa menerapkan tips berikut:

Memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan, karena secara umum ada asuransi TLO dan asuransi All Risk.

Asuransi All Risk punya premi lebih mahal namun cakupan perlindungannya luas, bahkan semua risiko dan nasabah bisa mengecek di polis. Sementara TLO untuk risiko kehilangan dan kerusakan skala besar saja.

Karena semua jenis pilihan tersebut bagus dan hanya tinggal ditentukan sesuai kebutuhan konsumen, memilih perusahaan asuransi mobil yang sudah kredibel atau terbukti terpercaya.

Pasalnya, reputasi yang baik bisa menjamin nasabah mendapat perlindungan dan layanan yang terbaik.

Selalu pilih perusahaan asuransi mobil yang punya jaringan bengkel dan rekanan luas, jadi misalnya mobil diajak keluar kota sampai keluar pulau. Maka, risiko rusak akibat kecelakaan atau faktor lain bisa segera ditangani bengkel rekanan.

Perhatikan preminya, karena yang paling mahal belum tentu bagus. Memilih premi selain disesuaikan dengan kemampuan finansial juga perlu melihat fasilitasnya apa saja. Jadi, jangan asal murah maupun asal mahal saja.

Dengan rekomendasi asuransi mobil terbaik dan tips untuk memilih yang benar-benar tepat di atas, tentu saja Anda tidak perlu khawatir lagi salah memilih produk asuransi mobil terbaik.

Saya seorang yang tertarik dengan dunia SEO, Berdasarkan Ayat Alkitab Mazmur 23 dan Mazmur 91, Saya membuat mazmur.id