5 Alasan Perusahaan Membutuhkan Competency Management

Competency management adalah serangkaian keterampilan, pengetahuan dan sikap yang diperlukan untuk mengelola kompetensi karyawan dalam sebuah perusahaan. Ketika dikembangkan, kompetensi karyawan mendorong kepemimpinan yang lebih baik dan berkontribusi pada kesuksesan bisnis. Karena bagaimanapun juga, karyawan adalah dan memiliki potensi dan kompetensi unggulan yang butuh diproses dan dikembangkan. Diperlukan berbagai pendekatan agar karyawan dapat memaksimalkan kompetensi mereka di perusahaan.

Software HR
Software HR

Alasan Perusahaan Membutuhkan Competency Management

Pada dasarnya, competency management membantu perusahaan mengembangkan keterampilan, pengetahuan yang dibutuhkan karyawan Anda sehingga perusahaan dapat mengembangkan potensi penuh dari karyawan. Program competency yang kuat dapat dirasakan dalam jangka pendek dan panjang selama perusahaan masih beroperasi. Di bawah ini adalah alasan mengapa perusahaan membutuhkan competency management:

Pengoptimalan Tenaga Kerja

Pastikan karyawan memiliki kompetensi penting yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Lakukan penilaian gap skill untuk menunjukkan kelemahan karyawan yang harus diperbaiki, sehingga perusahaan dapat memberikan pelatihan tepat sasaran yang mereka butuhkan. Pastikan pula bahwa karyawan mengikuti dengan lengkap pelatihan yang ada dan dapat meningkatkan keterampilan yang berbeda dengan sebelum dilatih.

Pengembangan Kepemimpinan

Identifikasi dan mempersiapkan pemimpin masa depan perusahaan tak kalah penting. Competency management dapat mengidentifikasi karyawan mana yang paling siap untuk mengambil peran kepemimpinan saat ini. Dengan memberikan pelatihan, rencana pengembangan, dukungan kepada karyawan tersebut akan memperkuat kompetensi kepemimpinan mereka. Jumlah karyawan yang melakukan resign atau pengunduran diri juga dapat diminimalisir.

Perencanaan Suksesi

Setiap perusahaan harus merencanakan sekarang untuk transisi yang mulus ketika tren bisnis berubah. Program kompetensi yang matang membantu memastikan bahwa karyawan memiliki pengetahuan, alat, dan keterampilan untuk berkontribusi memenuhi tantangan perubahan trend dan zaman.

Kontinuitas Bisnis

Sistem competency management yang mutakhir dapat menganalisis keterampilan karyawan yang siap pakai dan dibutuhkan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat dengan cepat menentukan keputusan dan strategi untuk ditindaklanjuti.

Evaluasi Lebih Rapi

Saat ini, sebagian besar evaluasi karyawan dan manajer dilakukan secara online melalui software competency management. Perusahaan pun dapat melakukan beberapa penilaian keterampilan secara langsung. Jadi, evaluasi berjalan lebih mudah tetapi tetap rapi dan runut serta lebih membantu perusahaan memahami keterampilan tenaga kerja saat ini.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan perusahaan membutuhkan competency management. Untuk mendapatkan software competency management, perusahaan dapat menghubungi LinovHR yang sudah berpengalaman membantu banyak perusahaan mengelola SDM.

LinovHR sebagai salah satu penyedia Software HR yang ada di Indonesia menjadi solusi dalam memudahkan manajemen perusahaan melalui Competency Management. Di dalam modul ini, perusahaan dapat membuat daftar kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh setiap divisi dan individu, serta mengelompokkannya secara jelas dan terperinci. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!

Tri

Lulusan S1 Akuntansi yang kerja tidak sesuai Jurusan, Senang Travelling dan Wisata Kuliner Serta menjadi Penulis di https://mazmur.id/