5 Cara mempercepat loading website dan rasakan efeknya

Mazmur.id – Tidak dapat dipungkiri saat ini persaingan di Search Engine sangat berat, selain banyak faktor yang perlu diperhatikan seperti Offpage dan OnPage, Ternyata kecepatan loading website sangat berpengaruh terhadap SEO.

Kenapa faktor kecepatan loading website sangat berpengaruh terhadap seo yang ujung – ujungnya membuat traffic menurun? logika nya seperti ini ya sobat mazmur, Jika kalian mengakses sebuah website yang loading nya berat padahal sedang membutuhkan informasi yang genting, tentung kalian akan jengkel dan menutup / back ke pencarian lain.

5 cara mempercepat loading blog atau website

5 cara mempercepat loading blog atau website

Dengan banyaknya pengunjung yang pergi karena masalah loading website yang berat, bounce rate sudah pasti meningkat, nah dari sini lah google / search engine lainnya menilai bahwa website kita ‘kurang’ baik.

Untuk itulah, postingan kali ini mazmur.id akan membahas cara mempercepat loading website agar membantu kalian dalam menguasai search engine minimal halaman pertama.

5 Cara mempercepat loading website

Optimalkan Gambar

Perlu kalian ketahui, setiap gambar yang kalian sertakan pada sebuah artikel akan berpengaruh besar terhadap loading sebuah website. Selain itu, faktor hosting, browser pengunjung dan koneksi internet yang kalian pergunakan juga sangat berpengaruh terhadap loading gambar.

Berikut langkah mengoptimalkan gambar untuk mempercepat loading website :

  • Sesuaikan ukuran yang kalian butuhkan, kalian dapat mengedit gambar mengggunakan software adobe photoshop atau yang lainnya.
  • Gunakan gambar berformat JPEG untuk masing – masing artikel. Gambar format png untuk logo dan gambar format .ico untuk favicon.

Optimalkan Plugins dan Tema

  • Jangan terlalu banyak mempergunakan plugins yang tidak perlu
  • Hapus plugins yang tidak terpakai
  • Update secara berkala sesuai update an yang muncul pada dashboard plugin.

Kompress halaman Website

  • Kalian dapat mengkompres file GZIP untuk memperkecil pengiriman data yang dikirim dari server ke browser pengguna
  • Lakukan minifiy untuk HTML, CSS, dan Javascript

Aktifkan Cache

  • Kalian dapat menggunakan plugin w3 total cache untuk melakukan cache dan untuk beberapa peyedia jasa hosting sudah memberikan litespeed cache yang dapat mempercepat loading website.
  • Manfaatkan fitur CDN. untuk CDN kalian bisa menggunakan yang versi gratis dari cloudflare atau jika kalian ada dana yang lebih bisa menggunakan CDN yang premium.

Tips Tambahan

Jangan meletakan terlalu banyak iklan, karena ini juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading sebuah website.

Itulah sedikit tips 5 cara mempercepat loading website agar meningkatkan jumlah pengunjung. setelah semua kalian lakukan silahkan kalian cek kecepatan blog menggunakan gtmetrix atau google pagespeed