Categories: Kesehatan

Apakah wanita gemuk susah untuk hamil ?

Mazmur.id, Apa Wanita Gemuk Susah Hamil ? – Hamil merupakan salah satu tujuan dan juga cita-cita para wanita yang sudah menikah, untuk meneruskan keturunan dan juga memiliki buah hati dari pernikahan mereka. Sayangnya tidak semua pasangan setelah menikah mendapatkan karunia untuk bisa hamil ataupun bisa langsung memiliki momongan. Sebenarnya ada banyak faktor mengapa wanita tidak bisa langsung hamil dan juga terhambat atau harus menunggu waktu yang cukup lama, agar bisa memiliki momongan.

benarkah wanita gendut susah hamil ?

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan, khususnya bagi sobat mazmur yang belum mendapatkan momongan. Yakni dengan melakukan program kehamilan dan juga rutin periksa ke dokter kandungan. Agar mengetahui masalah utama yang terjadi. Mengapa buah hati sobat mazmur belum dapat hadir ? Salah satunya banyak orang yang merasa bahwa kegemukan atau badan yang terlalu gemuk. Alasan ini seringkali menjadi masalah yang paling besar, mengapa seorang wanita sulit untuk hamil.

Mitos Wanita Gemuk dan Kehamilan

Masalah kegemukan pada tubuh sebenarnya banyak terjadi baik pria maupun wanita. Namun seperti yang sobat mazmur ketahui, jika para wanita sebelum hamil atau baru saja menikah sudah kegemukan. Banyak orang yang menganggap bahwa alasan tersebut menjadi salah satu alasan paling besar, Mengapa wanita tersebut sulit untuk hamil. Apakah hal tersebut benar adanya ? Jika benar bagaimana mengatasinya serta alasannya ? Berikut ini akan kita bahas secara secara tuntas.

Apa Wanita Gemuk Sulit Hamil ?

Seorang wanita yang kegemukan nyatanya memang benar sulit untuk mendapatkan momongan. Meskipun begitu sebagian orang seringkali menganggap hal ini hanya mitos. Sayangnya, beberapa kasus yang terjadi di lapngan memang benar. Jika wanita yang mengalami kegemukan akan sulit mendapatkan dukungan ataupun kehamilan. Namun sebenarnya tidak semua wanita yang gemuk akan mengalami kesulitan, Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya pembuahan.

Berat badan sendiri menjadi faktor yang cukup besar untuk mempengaruhi rahim wanita agar bisa subur dan juga bisa mendapatkan momongan. Kebenaran hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Amsterdam’s Academic Medical Center, yang menunjukkan bahwa para wanita yang memiliki obesitas parah ternyata memiliki risiko sebesar 43% untuk sulit hamil, dibandingkan wanita yang memiliki berat badan ideal dan juga normal. Di sisi lain para peneliti juga menunjukkan bahwa wanita yang kegemukan mendapatkan masalah fertilisasi dan juga mendapatkan masalah pada siklus menstruasi.

Penelitian lain yang dilakukan di Michigan University, Amerika Serikat. Melakukan penelitian pada 50.000 responden wanita yang mengikuti program untuk meningkatkan kesuburan mereka setelah menikah. Faktanya ternyata banyak wanita yang mengalami sulit hamil,di mana indeks massa tubuh lebih dari angka 40 ternyata memiliki peluang untuk hamil tiga puluh lima persen lebih sedikit dibandingkan para wanita yang normal. Hal ini menunjukkan bahwa sobat mazmur yang terlalu obesitas atau pun memiliki berat badan berlebihan akan mendapatkan masalah kehamilan dan juga kesuburan.

Mengapa Gemuk dan Kesuburan Berkaitan ?

Mengapa wanita gemuk sulit hamil ? Sebenarnya hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi yang dialami oleh setiap wanita. Dimana periode menstruasi yang normal terjadi pada setiap 28 hari. Sayangnya Jika seorang wanita mengalami kegemukan, maka secara tidak langsung membuat wanita tersebut mengalami masalah seperti kemandulan dan juga masalah layaknya metabolism. Selain itu kegemukan dapat mengganggu produksi hormon menstruasi sendiri tidak dapat  berjalan dengan lancar.

apakah wanita gemuk susah untuk hamil

Jika produksi dari hormon kesuburan tidak terganggu karena adanya lemak dan minyak yang menumpuk. Maka selain kesuburan, adanyaa proses ovulasi akan terhambat dalam tubuh wanita tersebut dan akhirnya mengurangi kesuburan. Seperti yang sobat mzmurketahui, masa subur merupakan sebuah periode dalam siklus menstruasi wanita, di mana sel telur telah matang dan juga siap untuk dibuahi.

Sayangnya bagi mereka yang terlalu gemuk, mereka memiliki masalah hormon yang dapat mengubah siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan pada akhirnya efek samping akan terjadi. Salah satunya mereka tidak akan bisa hamil dalam waktu dekat setelah menikah.

Solusi yang Tepat ?

Apa yang harus dilakukan jika sobat mazmur mengalami kegemukan ataupun berat badan berlebih ? Tentu saja hal yang bisa sobat mazmur lakukan adalah dengan mengurangi berat badan dan juga program diet. Di mana program diet ini bisa dibantu oleh dokter terkait. Sehingga menjadi lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan tubuh sobat mazmur.

Umumnya para wanita memiliki kondisi yang berbeda-beda, Misalnya saja ada beberapa orang yang mengalami obesitas dikarenakan keturunan, dan juga pola hidup yang buruk. Sehingga sobat mazmur harus mengimbanginya dengan olahraga dan juga pola hidup yang sehat. Di sisi lain dokter juga bisa membantu memenuhi target sobat mazmur untuk menurunkan berat badan secara perlahan.

Namun pasti jika berat badan sobat mazmur sudah mencapai tahap yang ideal atau normal kembali ke dokter kandungan, untuk mengikuti program kehamilan. Sehingga proses program kehamilan menjadi lebih sehat dan juga peluang untuk berhasil menjadi lebih tinggi.

Selain itu, sobat mazmur yang sedang berusaha ingin memiliki momongan namun memiliki tubuh yang memiliki massa besar. Jelas bisa mengatasinya dengan konsultasi terus menerus dengan dokter kandungan, sampai sobat mazmur bisa mendapatkan buah hati sesuai yang diinginkan. Jangan mengkonsumsi obat  berbahaya seperti halnya minuman pelangsing yang bisa menimbulkan efek samping lebih parah. Hindari juga diet dengan proses yang sangat instan. Selain itu sobat mazmur juga jangan mengkonsumsi penyubur karena bisa berbahaya dan mengganggu proses ovulasi sobat mazmur.

Baca Juga : Manfaat daun kelor untuk rahim
mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur

Recent Posts

China Fortune Land Development Dengan Nilai Keberhasilan

Untuk menilai bahwa suatu perusahaan tentu saja sangat mudah yaitu dari keberhasilan dalam nilai. Keberhasilan…

8 jam ago

Kerjasama CFLD dan Samanea Group dalam Membangun Tangerang New Industry City

Kontribusi negara asing terhadap pembangunan yang ada di Indonesia ternyata memang sangat besar. Termasuk diantaranya…

2 minggu ago

Aquascape, Menenangkan Jiwa dikala Santai

Ketenangan pikiran sangat dibutuhkan saat ini ditengah kepenatan kegiatan sehari - hari. Salah satu cara…

3 minggu ago

Olahraga di tengah kondisi New Normal Pandemi Covid-19

Mens sana in corpore sano merupakan sebuah kata yang sering kita dengan serta memiliki arti…

3 minggu ago

Ikan hias untuk Aquascape

Selamat pagi sobat mazmur, Maaf ya mazmur.id beberapa waktu ini mengalami kendala untuk update informasi.…

1 bulan ago

Biaya membuat Rak Akuarium dari Baja Ringan

Baja ringan merupakan salah satu material yang banyak digunakan saat ini untuk keperluan pertukangan. Penggunaan…

1 bulan ago