Camilan Sehat Terbaik, Kue Es Krim Stroberi

Camilan Sehat Terbaik
Camilan Sehat Terbaik

Camilan yang sempurna harus bisa meliputi tiga poin penting, yaitu mengenyangkan, memberikan nutrisi baik bagi tubuh, dan bisa memuaskan lidah. Salah satu jenis camilan yang akan menjadi topik utama adalah buah stroberi. Baik itu dalam keadaan segar dari pasar atau beku dari freezer, semua orang akan setuju bahwa buah stroberi adalah buah yang enak dan sehat.

Riset klinis telah menyatakan bahwa untuk memperoleh dampak positif yang optimal, seseorang direkomendasikan untuk memakan 8 buah stroberi setiap harinya. Satu porsi stroberi akan memberikan lebih banyak vitamin C dibandingkan dari satu buah jeruk. Jika rutin, Anda akan memperoleh begitu banyak keuntungan dari mengonsumsi buah stroberi.

Keuntungan Mengonsumsi Stroberi

Baik Untuk Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Annals of Neurology, mengonsumsi stroberi minimal dua kali dalam seminggu dapat memperlambat dan mencegah penuaan dini untuk dua setengah tahun, yang berarti akan meningkatkan kinerja otak dan sensor motorik. Untuk Anda yang ingin mempertajam memori dan kemampuan berpikir Anda lebih lagi, tambahkan permainan seperti sudoku atau teka teki silang dalam keseharian Anda.

Gula Alami

Stroberi dilengkapi dengan berbagai nutrisi dan gizi, menjadikan jenis buah ini sebagai salah satu buah yang baik untuk para pengidap diabetes oleh American Diabetes Association. Buah ini memiliki beberapa jenis kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Namun, jenis gula ini tidak akan memunculkan pelonjakan dalam kadar gula seseorang. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi stroberi jika Anda memiliki diabetes sekalipun.

Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit yang dikenal memiliki karakteristik pertumbuhan sel yang abnormal. Salah satu faktor utama yang menumbuhkan pergerakan sel kanker adalah akibat dari stres serta tingkat inflamasi yang tinggi. Dalam hal ini, stroberi diketahui mampu membantu seseorang mengurangi tingkat inflamasi pada tubuh yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan Penglihatan

Antioksidan dalam stroberi memiliki fungsi untuk mencegah penglihatan yang memburuk akibat katarak. Penting bagi seseorang untuk menjaga penglihatan mereka sebab katarak dapat mempercepat gangguan penglihatan. Mata kita juga membutuhkan vitamin C untuk melindungi bola mata dari paparan radiasi matahari yang dapat mengganggu fungsi protein pada lensa mata. Selain itu, jenis vitamin ini memiliki peran yang besar dalam menjaga kekuatan kornea dan retina mata.

Menjadi Awet Muda

Salah satu cara untuk awet muda adalah melalui fungsi stroberi yang membantu mendorong produksi kolagen pada tubuh. Dengan usia yang terus bertambah, tubuh akan kehilangan kolagen secara terus-menerus. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C, seperti stroberi, dapat menghasilkan kulit yang sehat, cerah, dan awet muda.

Mencegah Penyakit Internal

Stroberi dikenal kaya akan vitamin C, yang diketahui dapat menjadi penguat imunitas tubuh dan antioksidan yang baik.  Menambahkan buah stroberi ke dalam diet dapat membantu mengurangi tingkat kolestrol dan mencegah munculnya penyakit jantung. Antioksidan dan fitokimia dalam stroberi bisa membantu mengurangi inflamasi pada sendi, sehingga kecil kemungkinan terjadinya radang sendi.

Meringankan Berat Badan

Buah ini termasuk ke dalam kategori 20 buah terbaik yang kaya dengan antioksidan dan potasium.  Buah stroberi ini juga dikenal memiliki konsentasi air yang tinggi mencapai 90% dan serat-serat baik. Ditambah dengan kandungan kalorinya yang minim, buah ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengurangi asupan kalori.

Resep Camilan Stroberi Mudah

Buah stroberi dikenal dengan warna merahnya yang pekat dan rasanya yang bercampur asam dan manis. Salah satu ciri khas lainnya adalah peletakan biji buah yang berada di luar kulitnya. Adanya kandungan nuturisi, gizi, vitamin, buah kecil ini diberikan judul sebagai salah satu camilan tersehat yang bisa Anda konsumsi.

Meluangkan waktu bersama keluarga adalah salah satu cara sederhana untuk melewati hari-hari dengan bahagia dan jauh dari penyakit. Begitu banyak aktivtias yang bisa dilakukan bersama, salah satunya adalah dengan berkumpul bersama bercerita sambil menyantap camilan sehat. Buah ini sangat cocok dijadikan topping untuk berbagai jenis makanan, mulai dari es krim, pancake, hingga sandwich. Apalagi jika Anda senang memasak kue brownies di rumah, stroberi adalah teman yang cocok untuk dipadukan bersama.

Tidak hanya dimakan langsung, stroberi bisa disantap dengan dengan menjadikannya sebagai selai, jelly, atau jenis menu lain dengan menggunakan stroberi sebagai bahan dasar. Berikut adalah resep kue es krim stroberi yang bisa Anda coba untuk disantap bersama dengan seluruh anggota keluarga terkasih.

Ide ini terhitung sebagai salah satu menu dengan resep yang mudah. Terlebih jika Anda sedang berkumpul di tengah cuaca yang panas atau terik, menu ini pastinya akan meningkatkan suasana. Satu resep dapat memberikan kesenangan untuk 16 orang, jadi bagi Anda yang memiliki jadwal untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat-kerabat dekat, menu ini bisa Anda buat dengan mudah dan cepat.

Bahan-bahan

  • 300 gram biskuit
  • 35 gram buah stroberi
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 6 sendok makan mentega yang sudah cair
  • 350 gram susu kental manis
  • 1 sendok the ekstrak vanila
  • 2 cup krim kental
  • 500 gram selai stroberi

Cara membuat Camilan Sehat

  1. Lapiskan loyang 23 x 23cm dengan kertas foil atau kertas roti.
  2. Hancurkan 1/3 dari biskuit yang ada dan taruh ke dalam mangkok, lakukan hal yang sama dengan 1 cup stroberi. Jika stroberi Anda tidak beku, gunakan pisau untuk memotong stroberi menjadi potongan-potongan kecil. Masukkan stroberi yang sudah dihancurkan/dipotong ke dalam mangkuk yang sama dan aduk.
  3. Menggunakan blender/food processor, masukkan sisa biskuit yang belum dihancurkan bersama dengan gula merah dan garam. Ratakan bahan makanan sampai biskuit sudah halus, dan tambahkan mentega yang sudah dilelehkan. Campur seluruh bahan hingga teraduk rata.
  4. Jika sudah merata, letakkan adonan di loyang dan tekan sampai adonan sudah terbentuk dengan padat di loyang.
  5. Tuangkan selai di atas adonan dalam loyang dan gunakan sendok untuk meratakan selai. Tutup dengan plastik dan masukkan ke dalam freezer.
  6. Gunakan 1 cup stroberi yang tersisa dan hancurkan sampai halus, lalu aduk dengan susu kental manis, vanila, dan garam.
  7. Dalam mangkuk yang besar, tuang krim kental dan gunakan whisker untuk mengaduk krim sampai muncul lekukan yang padat. Pelan-pelan aduk krim dengan menggunakan spatula ke dalam adonan susu kental manis sampai semua sudah tercampur dengan baik.
  8. Ambil loyang yang ada di dalam freezer dan tuangkan campuran krim di atas selai. Tambahkan topping kesukaan Anda dan tutup loyang.
  9. Masukkan kembali ke dalam freezer untuk didinginkan semalam.
  10. Kue es krim stroberi siap disantap.
Saya seorang yang tertarik dengan dunia SEO, Berdasarkan Ayat Alkitab Mazmur 23 dan Mazmur 91, Saya membuat mazmur.id