Categories: Blog

Cara menampilkan interface samba server

Setelah beberapa waktu yang lalu tim mazmur.id telah memberikan informasi cara mengatasi password samba user yang lupa password by command.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit informasi kembali bagaimana cara menampilkan interface samba yang tidak ada di menu ubuntu.

Sebagai catatan, tim mazmur.id menggunakan ubuntu versi 16 LTS sebagai server sharing dan telah membuat / setting user dan password samba client sebelumnya.

Namun ketika ingin melihat kembali settingan folder dan hak akses nya , Interface samba tidak ada di menu Application > System Tools > Prefences > Samba.

Menu samba tidak ada

Untuk yang biasa bekerja dengan command prompt tentunya sangat mudah mengatasi masalah seperti ini, lalu bagaimana jika ingin mengajarkan anak baru yang masih awam dengan sistem operasi linux ?

Supaya tidak membuang waktu dan bertele – tele, berikut cara membuka interface samba yang tidak ada di menu preferences melalui command prompt.

Command Prompt

Saya asumsikan kalian sudah login sebagai administrator ya, Silahkan buka Terminal (Command Prompt) pada menu Applications >> System Tools >> Terminal atau dengan menekann tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan.

Terminal atau command prompt linux

Password Root

Setelah berhasil membuka command prompt atau terminal, silahkan kalian login terlebih dahulu sebagai root dengan cara mengetikan perintah sudo su lalu enter dan masukan password administrator kalian jangan lupa enter.

Catatan : Pada saat saya mengajarkan anak baru yang masih awam dengan linux, Anak baru tersebut bilang kalau keyboards nya error sehingga password tidak terketik dan saya hanya tertawa.

Command Interface Samba

interface samba linux ubuntu

Setelah berhasil login sebagai root, saat nya kita menampilkan interface samba ubuntu dengan mengetikan perintah system-config-samba lalu enter, nanti muncul jendela interface samba server yang bisa kalian gunakan untuk setting folder, user dan password client.

Ok, sampai disini cara menampilkan interface samba ubuntu sudah selesai, tunggu artikel bermanfaat lainnya dari tim mazmur.id ya.

Baca Juga : Cara mengatasi user samba yang lupa password

My Jaka

Share
Published by
My Jaka

Recent Posts

Cara mudah menghapus Theme atau Tema di WordPress

Selamat pagi sobat mazmur.id semua, semoga dalam keadaan sehat ya walau di tengah wabah virus…

2 jam ago

Bahan dan Cara membuat Disinfektan Sendiri

Cairan disinfektan dipercaya dapat membunuh kuman dan virus corona atau covid-19. Sehingga banyak masyarakat yang…

2 minggu ago

Jokowi bukan seorang superman

Jokowi, tentunya kalian sudah tahu siapa belian, Jokowi bukanlah seorang Presiden melainkan Presiden ke 7…

2 minggu ago

Corona memporakporandakan dunia

Corona atau Covid 19 merupakan virus yang dapat memporakporandakan dunia saat ini. Virus Corona yang…

2 minggu ago

Cara mudah mengetahui baterai Handphone mulai rusak

Di era digital saat ini tentunya smartphone sudah tidak asing lagi, mulai dari anak kecil…

3 minggu ago

Cara buat Hand Sanitizer Sendiri

Penyebaran virus corona atau Covid 19 di indonesia sudah cukup meluas, hal ini terbukti dengan…

3 minggu ago