Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Tradisional

Cara mengatasi rambut rontok – Berbicara mengenai masalah rambut, tentu saja kita akan membahas mengenai banyak sekali masalah. Mulai dari ketombe, rambut rusak, pecah-pecah dan juga sulit untuk tumbuh atau lebat. Di sisi lain masalah rambut yang banyak terjadi di antara masyarakat Indonesia adalah ketombe dan juga rambut rontok. Hal ini sebenarnya dikaitkan dengan berbagai faktor ataupun alasan mulai dari kebersihan dari rambut sendiri. Hingga kondisi iklim Indonesia yang tropis dan juga panas yang menyebabkan rambut akan mudah rusak dan juga rontok.

Di sisi lain kerontokan rambut juga bisa sebabkan karena bahan kimia, baik penggunaan shampo yang sembarangan dan juga konsumsi bahan kimia yang berlebihan. Sehingga berdampak pada rontok nya rambut sobat mazmur. Tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah, 6 cara mengatasi rambut rontok dengan bahan tradisional yang tidak menimbulkan efek samping dan juga aman.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami

Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Jepang. Karena teh hijau ini terbukti kaya akan antioksidan dan juga sangat aman untuk tubuh. Selain itu juga dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Khususnya bagi sobat mazmur yang sedang melakukan diet. Ternyata di sisi lain teh hijau juga bisa dijadikan salah satu obat tradisional untuk menghentikan kebotakan yang disebabkan oleh rambut rontok.

cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau
cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau

Tentu saja untuk Sobat mazmur yang ingin menggunakan obat tradisional tanpa efek samping. Sobat mazmur bisa menggunakan dua kantong teh hijau dan dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air panas. Setelah itu biarkan air menjadi dingin dan sobat mazmur bisa menggunakannya ke bagian kepala, yang mengalami rambut rontok teh hijau juga bisa menstruasi folikel rambut untuk tumbuh lebih cepat.

Bawang Merah

cara mengatasi rambut rontoh dengan bawang merah
cara mengatasi rambut rontoh dengan bawang merah

Baunya mungkin akan sedikit mengganggu, Namun faktanya bawang merah ini dapat menjadi salah satu bahan tradisional yang mengobati kerontokan yang sobat mazmur hadapi. Di mana sobat mazmur bisa memarut 1 bawang merah dan juga menyaringnya kemudian jus ataupun sarinya. Kemudian diusapkan secara merata ke kulit kepala. Jika sudah maka sobat mazmur bisa mendiamkan selama 30 menit setelah itu membilas menggunakan shampo yang berasal dari herbal. Untuk membilasnya dan menghilangkan bau yang ada pada kepala sobat mazmur bisa menggunakan olive oil sehingga rambut menjadi lebih wangi. Jika terpaksa ingin menggunakan shampoo, Sobat mazmur dapat menggunakan sampo herbal agar lebih aman dan bawang merah lebih meresap.

Minyak Jarak

cara mengatasi rambut rontok menggunakan minyak jarak
cara mengatasi rambut rontok menggunakan minyak jarak

Bahan tradisional selanjutnya yang banyak digunakan oleh masyarakat khususnya masyarakat sejak zaman dahulu adalah minyak jarak. Di mana minyak ini memang terbukti mengatasi masalah rambut rontok dan sudah digunakan selama puluhan tahun lamanya. Minyak jarak mengandung asam ricinoleic yang dapat berguna untuk membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, dan juga menguatkan akar rambut. Di sisi lain minyak jarak juga mengandung lemak serta Omega 9 yang cukup tinggi sehingga dapat menyehatkan kulit dan memperkuat akar. Minyak jarak ini sudah digunakan sejak lama.

Lidah Buaya

Lidah buaya seringkali dianggap menjadi salah satu tanaman ajaib, karena dapat menimbulkan berbagai manfaat dan juga kelebihan ketika digunakan oleh manusia. Salah satunya adalah sobat mazmur yang menggunakan lidah buaya ini untuk merawat rambut. Di mana rambut yang selalu dirawat dengan lidah buaya pasti akan lebih sehat dan juga terawat. Di sisi lain mungkin banyak produk perawatan yang menggunakan lidah buaya sebagai ekstraknya.

cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya
cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya

Namun lidah buaya asli tentu saja akan berefek lebih bagus. Bagi sobat mazmur yang ingin mengobati masalah kerontokan yang terjadi terutama jika keuntungan tersebut parah. Maka sobat mazmur bisa menggunakannya dengan mengambil daging dari lidah buaya dan mengaplikasikannya secara rutin. Setiap hari baik bangun tidur maupun sebelum tidur dan mendiamkan hingga esok hari.

Kayu manis

Kayu Manis atau biasanya disebut sebagai cinnamons, merupakan salah satu bahan dapur yang dapat dimanfaatkan oleh sobat mazmur yang ingin mengatasi masalah kerontokan pada rambut . Di mana kayu manis ini memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan seperti halnya antioksidan, protein, karbohidrat serta gizi gula dan D vitamin.

cara mengatasi rambut rontok menggunakan kayu manis
cara mengatasi rambut rontok menggunakan kayu manis

Sejumlah zat bermanfaat ini dapat mengobati kerontokan secara alami sehingga menyembuhkan masalah kerontokan sobat mazmur dan membantu menumbuhkan kembali rambut yang hilang. Sobat mazmur bisa mengoleskan bubuk kayu manis dengan minyak zaitun yang ditambah dengan madu ke bagian kepala yang rontok. Setelah itu tunggu selama 15 menit. Jika sudah sobat mazmur bisa membilasnya hingga bersih. Ulangi perawatan ini setiap 1 minggu atau 3 kali sehari agar lebih cepat efeknya.

Cuka Apel

Cuka apa merupakan pilihan selanjutnya yang bisa membantu sobat mazmur mengatasi kerontokan. Cuka apel masuk kedalam bahan alami atau bahan bahan tradisional yang memiliki berbagai manfaat. Cuka apel dapat mengatasi folikel rambut tersumbat dan kekurangan minyak. maka bakteri akan menumpuk dan minyak akan menjadi penyebab kerontokan yang terbesar. namun dengan penggunaan cuka apel ini maka kulit kepala sobat mazmur akan bersih dan terlepas dari masalah rambut seperti halnya minyak yang menumpuk.

cara mengatasi rambut rontoh dengan cuka apel
cara mengatasi rambut rontoh dengan cuka apel

Itulah deretan bahan alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan atau mencegah kerontokan yang terjadi pada rambut  sobat mazmur. Meskipun memakan waktu lebih lama, namun sobat mazmur bisa menggunakan bahan alami ini agar lbih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Selain itu biasanya bahan alami memberikan manfaat lain yang lebih banyak selain hanya mencegah kerontokan yang terjadi pada rambut.

Baca Juga : Manfaat ikan bawal untuk ibu hamil
mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur