Cara menghilangkan Credit Footer di WordPress

Halo sobat mazmur semua, semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara menghilangkan credit footer di wordpress.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya wordpress merupakan salah satu CMS yang memiliki banyak penggunannya di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak orang berlomba – lomba membuat theme wordpress dengan berbagai fitur andalan.

Berbicara mengenai theme, tentunya sobat mazmur sudah mengetahui bahwa ada theme versi gratis dan theme berbayar yang bisa kalian dapatkan di themeforest yang merupakan marketplace produk digital terbesar saat ini.

Theme versi gratis menurut kami tim mazmur.id tidak buruk dari segi tampilan dan kecepatan, mungkin hanya ada sedikit bagian yang cukup mengganggu pada theme gratisan, yaitu footer credit.

Sebelumnya tim mazmur.id akan memberikan sedikit informasi mengenai apa sih footer credit.

Sobat mazmur.id pernah melihat sebuah website yang memiliki keterangan “Powered by WordPress” atau “Design by Mazmur” dan lain sebagainya pada bagian bawah blog yang mempunyai link aktif? itu dia yang dinamakan Footer Credit.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit cara atau tutorial cara menghapus footer credit di theme gratisan wordpress. Yuks simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Cara menghapus Footer Credit

Cara menghapus footer credit tanpa plugins

Pastikan kalian sudah login ke berada di dashbords WordPress blog atau website kalian ya.

Cara menghapus Footer Credit tanpa plugins
Cara menghapus Footer Credit tanpa plugins

Silahkan pilih dan klik menu Appearance >> Theme Editor lalu cari file Footer.php pada menu sebelah kanan.

Silahkan cari kalimat “Powered by WordPress” atau “Design By… ” dan lain sebagainya ( Gambar no. 4) hapus bagian tersebut dan save.

Sampai disini cara menghapus footer credit di wordpress tanpa plugins sudah berhasil.

Cara menghapus footer credit selanjutnya untuk kalian yang tidak ingin ribet dapat memnggunakan plugins. Berikut caranya.

Plugins untuk menghapus Footer Credit

Silahkan kalian memilih dan klik menu Plugins >> Add New >> Ketik Remove Footer Credit pada menu pencarian , Selanjutnya klik Install dan Aktivasi untuk mengaktifkan plugins

Setelah plugins berhasil di aktifkan, saatnya kita melakukan sedikit setting untuk menghapus footer credit, caranya sebagai berikut

setting plugins
setting plugins

Silahkan pilih dan klik menu Tools >> Remove Footer Credit maka akan muncul seperti tampilan gambar diatas.

Selanjutnya isikan kotak pada nomor 3 (tiga) dengan kata yang ingin kalian hapus, contoh : “Design By…”

Pada Kolom 4 (empat) Kalian dapat menggantinya dengan kata – kata sesuai keinginan, Contoh : “Copyright 2020 Mazmur.id” lalu tekan tombol save.

Silahkan refresh website atau blog kalian, seharusnya cara menghapus footer credit wordpress sudah selesau dan berjalan dengan baik tanpa adanya kendala.

Sekian dulu cara menghapus footer credit wordpress tanpa plugins dan dengan plugins yang dapat tim mazmur.id sampaikan. semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.