Cara mudah melihat IP Address Komputer

Sama seperti sebuah rumah, komputer juga memiliki alamat yang berguna untuk mengirimkan paket data atau berkomunikasi sesama komputer.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit informasi cara melihat ip komputer untuk kalian yang belum mengerti.

Sebelum melihat IP Komputer, ada baiknya sobat mazmur.id mengerti terlebih dahulu antara IP Statis dan IP Dinamis.

Apa Itu IP Statis

IP Statis merupakan alamat ip yang diberikan secara manual agar komputer dalam satu jaringan akan terhubung antara yang satu dan laiinya.

Apa itu IP Dinamis

IP Dinamus merupakan IP yang di dapatkan secara otomatis ketika kita terhubung dalam jaringan.

Setelah sobat mazmur.id sedikit mengerti perbedaan dari IP Statis dan Dinamis, sekarang saat nya kita bedah bagaimana cara melihat ip komputer atau laptop.

Cara Melihat IP Komputer Pertama

Sobat mazmur Klik START, Ketikan CMD pada kotak Search lalu enter, selanjutnya ketikan ipconfig jangan lupa di enter kembali dan disana muncul alamat ip komputer sobat mazmur. atau

cara akses CMD
cara akses CMD
IP Address Komputer
IP Address Komputer

Sobat mazmur tekan tombol Windows + R pada keyboard komputer kalian, ketikan CMD enter, ketikan ipconfig enter kembali.

windows r
windows r

Cara Melihat IP Komputer Kedua

Sobat mazmur dapat mengklik tombol Start di pojok kiri bawah dan silahkan pilih dan klik menu control panel, nanti muncul windows baru, pilih dan klik view networks status and tasks.

Menu Control Panel
Menu Control Panel
view network status and sharing
view network status and sharing

Setelah itu muncul windows network and sharing center, pilih dan klik menu local area connection (sebagai contoh disini tulisannya local area connection 2), muncul windows baru, klik tombol detail, muncul jendela baru dan itulah alamat ip komputer sobat mazmur.id (sebagai contoh pada komputer ini menggunakan IP Statis). Atau

IP address
IP address

Sobat mazmur bisa mengklik gambar Lan di pojok kanan bawah dekar jam dan tanggal pada windows 7, klik kanan dan pilih open network and sharing center. Silahkan ikuti cara melihat ip komputer nya seperti yang di atas.

Open Local Area Connection
Open Local Area Connection

Dengan mengetahui dasar cara melihat ip komputer sobat mazmur.id setidaknya dapat mengurangi beban pekerjaan seorang it kalau lokasi kantor dan cabang cukup jauh.

Jadi, jika tim IT kantor menanyakan IP nya berapa, sobat mazmur.id jangan sensi terlebih dahulu ya, IP Disini bukan Indeks Prestasi kalian koh, melainkan alamat Komputer kalian.

Sekian dulu tutorial cara melihat ip komputer yang dapat tim mazmur.id sajikan, tetap kunjungi kami dan tunggu tutorial lainnya.

Baca Juga : Daftar Merchant OVO terbaru