Ini lho Cara mudah membuat email dengan domain sendiri

Mazmur.id – Membuat tutorial yang masih mencangkup blog merupakan sebuah kebanggan, nah pada kesempatan kali ini mazmur.id akan memberikan cara mudah membuat email dengan domain sendiri.

Maksudnya begini lho sobat mazmur, Jika kalian pernah menerima email dari [email protected] (Contoh), itu lah yang dimaksud email dengan domain sendiri, Selain terkesan lebih profesional, menggunakan email dengan domain sendiri dapat memberikan sebuah kepercayaan dalam berbisnis.

Cara membuat email dengan domain sendiri ini ada beberapa syarat yang harus kalian punya, antara lain :

  1. Hosting
  2. Domain yang kalian inginkan

Itu saja syarat agar bisa mempunyai email dengan domain sendiri, Sebagai gambaran, untuk domain dan hosting ada yang paket murah tapi sudah tentu ada batasan dalam membuat email dengan domain sendiri.

Saya rasa kalian sudah memiiliki persyaratan untuk membuat email dengan domain sendiri, Yuk simak step by step nya pada gambar yang mazmur.id berikan dibawah ini.

Langkah – Langkah membuat email domain sendiri di Cpanel

Akses atau login ke Cpanel

cara mudah mengakses cpanel

akses cpanel

Jika kalian ingin membuat alamat email dengan domain sendiri, kalian bisa mengakses halaman cpanel website kalian dengan alamat contoh :

  • namadomainkalian.com/cpanel, Atau
  • namadomainkalian.com:2083

Silahkan kalian isikan username dan password yang di dapatkan dari registar kesayangan masing masing.

Menu Email

Cara membuat email TLD

Cara membuat email TLD

Jika sudah berhasil melakukan login pada cpanel, kalian cari menu email, dan cari menu email account, silahkan di klik dan kalian akan di bawa ke dashboard email. Pada dashboards email, kalian dapat :

  1. Membuat email dengan domain sendiri
  2. Mengecek email yang sudah ada
  3. Merubah password email
  4. Dan masih banyak fitur lain nya

Membuat Email

Silahkan kalian isikan form berikut :

Langkah langkah membuat email domain sendiri

Langkah – Langkah Membuat Email

Email

Pada kolom ini silahkan kalian buat alamat email sesuai dengan keinginan kalian, sebagai contoh kalian ingin membuat email dengan alamat [email protected] , Kalian hanya perlu mengetikan joko

Password

Di kolom password silahkan kalian isikan sesuai dengan keinginan kalian, Perlui di ingat, password email harus memiliki karaktek, angka dan simbol untuk keamanan yang lebih baik atau kalian juga dapat memanfaatkan fitur auto generator password yang diberikan. Himbauan untuk sobat mazmur adalah selalu mencatat password tersebut

ReType Password

Silahkan ketikan password yang telah kalian buat di atas, Hal ini untuk memverifikasi

Kuota

Pada menu ini kalian dapat melakukan setting besaran kuota yang kalian izinkan dari masing masing email domain sendiri dan atau kalian dapat memberikan space unlimited pada alamat email domain sendiri yang ingin dibuat. Selanjutnya kalian klik tombol create untuk membuat email dengan domain sendiri

Setelah kalian melakukan cara diatas dengan baik dan benar, berarti cara membuat email dengan domain sendiri sudah berhasil kalian buat nih sobat mazmur, saat nya kalian melakukan akses email tersebut untuk mencobanya dengan cara :

  1. Akses halaman contoh webmail website kalian dengan cara https://namadomainkalian.com/webmail atau https://namadomainkalian.com:2096
  2. Masukan alamat email yang telah kalian buat dan passwordnya.

Cukup mudah bukan cara membuat email dengan domain sendiri, silahkan kalian praktekan langkah langkah membuat email di cpanel tersebut. Jika kalian mengalami kesulitan atau pertanyaan, jangan segan untuk berkomentar ya.