Cara mudah Setting IP Static di Centos 7

cara mudah setting ip static di centos 7
cara mudah setting ip static di centos 7

Hai sobat mazmur, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit cara mudah setting IP Static di Centos 7 untuk kalian.

Kebetulan sekali nih saya sedang belajar Centos 7 untuk menambah pengetahuan di OS Open Source karena saya biasa menggunakan Ubuntu.

Setelah kalian melakukan installasi Centos 7, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi alamat IP Static karena sudah di pastikan Centos 7 ini akan kalian pergunakan sebagai Server, Betul ?

Setting IP Static di Centos 7

Langkah Pertama

Silahkan kalian login terlebih dahulu sesuai dengan user dan password yang telah dibuat pada saat installasi. Lalu login sebagai root dengan mengetikan “su -“ enter lalu masukan password.

Langkah Kedua

Setelah berhasil login, kita harus tahu lebih dahulu interface yang di gunakan untuk penggunaan alamat IP Static, cara nya kalian ketik kan “nmcli d”jangan lupa enter, maka akan muncul daftar interface yang ada, Sebagai catatan untuk interface di saya adalah enp0s3

Langkah Ketiga

Selanjutnya adalam melakukan konfigurasi IP Static di Centos 7, Selahkan ketikan  vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-adapterkamu lalu enter, maka akan muncul banyak baris kode. Untuk mengeditnya silahkan tekan huruf i’ pada keybords kalian.

Langkah Keempat

Silahkan kalian rubah

  • BOOTPROTO=static
  • ONBOOT=yes

Lalu tambahkan alamat ip static nya (contoh)

  • IPADDR=192.168.2.88
  • NETMASK=255.255.255.0
  • GATEWAY=192.168.2.1
  • DNS1=8.8.8.8

Silahkan sesuaikan dengan konfigurasi kalian masing – masing.

Untuk menyimpan settingan IP Static di centos, Kalian dapat menekan tombol Esc pada keybord, Selanjutnya ketik :wp lalu enter.

Langkah Kelima

Silahkan restart network kalian agar alamat IP berubah menjadi IP Static dengan perintah systemctl restart network ,, untuk memastikan alamat ip sudah berubah atau belum kalian dapat mengetikan perintah ip addr atau ip a .

Sampai disini kalian sudah berhasil konfigurasi atau setting ip static di centos 7 , tetap kunjungi website mazmur.id untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya ya.

Saya seorang yang tertarik dengan dunia SEO, Berdasarkan Ayat Alkitab Mazmur 23 dan Mazmur 91, Saya membuat mazmur.id