Cara Setting Redirect semua artikel domain lama ke domain baru

Halo sobat mazmur.id , Apa kabar hari ini ? semoga dalam keadaan sehat selalu ya.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit tips cara redirect domain lama ke domain baru dengan mudah tanpa ribet dan pusing. Tutorial ini sangat cocok sekali untuk pemula.

Kenapa sih ingin redirect domain lama ke domain baru ? banyak faktor dan alasan sih, tergantung dengan keinginan setiap pemilik website. Biasanya karena kebanyakan website yang diurus sehingga web lama tidak terpegang.

Cara redirect domain lama ke domain baru yang tim mazmur.id berikan menggunakan domain tld dengan hosting sendiri menggunakan engine berbasis wordpress.

Cara pertama Mengarahkan domain lama ke domain baru

Sobat mazmur dapat memanfaatkan plugin redirect. cara nya cukuo mudah, sobat mazmur login ke dashboards wordpress kalian, selanjutnya pilih menu plugin pada sebelah kiri dan add plugins.

menu plugin
menu plugin

Cara kedua mengarahkan domain lama ke domain baru

Sobat mazmur silahkan akses halaman cpanel dengan cara ketikan namadomain.com/cpanel. Selanjutnya isikan user dan password cpanel kalian.

Cpanel
Cpanel

Setelah berhasil login ke halaman utama cpanel, silahkan sobat mazmur.id pilih dan klik file manager

File manager
File manager

Muncul jendela atau halaman baru, pilih dan klik public_html, selanjutnya kalian cari file .htaccess klik edit dan masukan atau ganti script .htacces lama ke script redirect domain lama ke domain baru berikut ini, lalu save.

public html
public html
file htaccess
file htaccess
script redirect
script redirect

Script untuk mengarahkan domain lama ke domain baru

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} domainlama.com$
RewriteRule ^(.*) https://mazmur.id/ [R=301,L]

Jika sobat mazmur.id tidak dapat menemukan file .htaccess, silahkan pilih menu setting (gambar roda gigi di pojok kanan atas) dan pilih show hidden file lalu save.

show hidden file
show hidden file

Setelah kalian mengupdate script pada file .htaccess menggunakan script yang tim mazmur.id berikan, saat nya sobat mazmur.id mengetes klik pada domain lama dan pasti 100 % work domain lama ter redirect ke domain baru.

Sebagai informasi, sebelum mengarahkan domain lama ke domain baru, ada baiknya sobat mazmur melakukan backup semua file yang ada di domain lama.

Baca Juga : Cara membuat alamat email