Command samba ganti password karena lupa password

Sebagai tugas seorang administrator adalah mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan user untuk mempermudah pekerjaan mereka. Gak mau kan komputer atau laptop client sering terjangkit virus karena sering colok cabut USB?

Membuat file sharing dalam jaringan lokal dapat mempermudah setiap user untuk berbagi file.

Biasanya administrator membuat server baik data maupun sharing menggunakan OS berbasis linux dan salah satu fitur yang di gunakan adalah samba.

Saya anggap disini kalian sudah membuat user dan password masing – masing departemen ya, namun yang jadi masalahan dari seorang administrator jaringan adalah tidak di catatnya apa yang telah dibuat.

Sehingga ketika ada user baru ingin mengakses ke file sharing yang telah kita buat, kita lupa password nya.

Cara mengatasi password samba yang lupa password adalah dengan cara mengganti menggunakan command prompt. cara nya dapat kalian lihat dibawah ini.

  1. Buka Termina Atau Command Prompt, kalian bisa membuka lewat menu atau dengan menekan tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan.
  2. Pastikan kalian login sebagai root, cara nya dengan mengetikan sudo su atau su – , lalu enter dan masukan password root nya
  3. Karena kita ingin mengatasi password samba yang lupa password, silahkan kalianketikan smbpasswd -a usersamba lalu enter (contoh user marketing berarti kalian mengetikan smbpasswd -a marketing)
  4. Silahkan masukan password baru lalu tekan enter, ketik ulang konfirmasi password baru, enter.
  5. selanjutnya ketikan smbpasswd -e usersamba, lalu enter

Sampai disini password samba yang lupa password sudah terganti , namun user belum bisa login karena samba masih menggunakan settingan yang lama.

Untuk mengaktikan password baru, kalian harus merestart konfigurasi samba nya dengan cara mengetikan /etc/init.d/smb restart lalu enter

Cara mengatasi password samba yang lupa password sudah selesai, silahkan kalian coba untuk login kembali dengan user samba dengan password yang baru.

Cara mengganti password samba yang lupa password nya ini sudah saya ujicoba dan terbukti work 100%.

Tetap kunjungi mazmur.id untuk mendapatkan informasi bermanfaat laonnya ya.

Baca Juga : Cara menghapus office 365 bawaan windows 10