Categories: Travelling

Deretan Oleh – Oleh Khas Semarang Kekinian

Oleh – Oleh khas Semarang – Semarang merupakan pusat kota atau ibukota dari provinsi Jawa Tengah, yang terletak di Indonesia. Ketika sobat mazmur berbicara mengenai Semarang, maka kita tidak bisa terlepas dari pelabuhan dan juga makanan. Khususnya makanan dengan rasa sedikit oriental dan berpadu dengan makanan tradisional Indonesia.

Berbicara soal Semarang, tentu saja tidak lengkap rasanya jika sobat mazmur berkunjung ke kota tersebut namun tidak membeli oleh-oleh. Dari berbagai oleh-oleh yang banyak dibeli dan dibawa maka sobat mazmur bisa memilih makanan atau kuliner. Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Semarang kekinian yang bisa sobat mazmur bawa untuk keluarga di rumah :

Oleh – Oleh Khas Semarang kekinian

  • Bandeng presto

oleh-oleh khas semarang bandeng presto juwana

Bandeng presto merupakan makanan pertama atau oleh-oleh pertama yang wajib sobat mazmur beli ketika datang ke kota Semarang. Ciri khas dari kota Semarang sendiri merupakan bandeng presto yang sudah ada sejak tahun 1977. Berkat ide kreatif bernama Ibu Hana yang tinggal di kota tersebut. Ikan bandeng sendiri merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak duri, namun bisa diolah dan juga menjadi bahan pangan yang mudah dimakan. Sobat Mazmur bisa membeli bandeng presto ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di kota Semarang. Bandeng presto juga dijual di berbagai toko oleh-oleh di Semarang dengan harga yang beragam.

  • Lumpia

Sebagai salah satu kota yang banyak didiami oleh masyarakat etnis Tionghoa. Sobat Mazmur bisa merasakan salah satu kuliner khas yang ada di Semarang yang sangat terkenal dan juga popular. Dengan nama lumpia, makanan dan Semarang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Bentuknya menyerupai rolade ini merupakan salah satu makanan dengan isi campuran udang, telur, ayam, bahkan Rebung atau biasa disebut bambu muda, yang bisa dimakan.

oleh-oleh lumpia khas semarang

Dibagi menjadi 2, umumnya lumpia dikonsumsi dengan cara digoreng dan juga lumpia basah. Rata-rata dijual 15000 per buah. Sobat Mazmur bisa langsung makan di tempat ataupun membawanya menjadi sebuah oleh-oleh. Jika Sobat Mazmur ingin menikmati makanan ini ada satu tempat yang sangat terkenal dan paling enak di Semarang. Dengan nama lumpia Gang, Lombok atau lumpia Mataram, serta lumpia Mbak Lien.

  • Moaci Wijen

oleh-oleh khas semarang moaci wijen

Moci wijen merupakan salah satu kue tradisional yang dibuat di Semarang. Dimana kue moaci wijen ini memang sudah lama terkenal dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Semarang. Selain itu moaci wijen ini merupakan salah satu kue yang wajib sobat mazmur beli ketika datang ke Semarang untuk oleh-oleh maupun untuk camilan. Mocai wijen ini sudah dikemas dalam bentuk yang lebih modern dan tentu saja lebih rapi. Di sisi lain sobat mazmur bisa membelinya di berbagai tempat oleh-oleh dan paling banyak dijual di sekitar Jalan Pandanaran. Moaci wijen dijual dalam satu kotak berisi 10 hingga 25 buah dengan harga yang beragam mulai dari Rp40.000 hingga Rp 60.000.

  • Tahu bakso

tahu bakso bu pudji ungaran semarang

Belum sah rasanya ke Semarang jika sobat mazmur belum mengkonsumsi tahu bakso khas dari kota tersebut. Di mana tahu bakso sendiri merupakan sebuah tahu yang diisi dengan adonan bakso yang dipadukan dengan daging. Kemudian bisa digoreng ataupun dikukus rasanya sangat nikmat dan juga gurih mengingat tahu sendiri sudah memiliki cita rasa tersendiri ditambah dengan isian bakso yang ada pada tahu tersebut. Selain itu masyarakat Semarang juga biasa mengkonsumsinya dengan tambahan sambal petis, khusus dengan rasa yang pedas dan juga enak. Tahu bakso ini bisa sobat mazmur dapatkan dalam bentuk Frozen atau beku yakni satu porsi seharga Rp60.000 dengan isian 10 hingga 12 tahu bakso.

  • Semarang Wife Cake

oleh-oleh kekinian semarang wife cake

Kue kekinian lainnya yang bisa sobat mazmur dapatkan di Semarang yakni milik Chelsea Olivia. dengan nama Semarang wife cake, kue ini memang merupakan kue kekinian pertama yang buka di Semarang. berada di Jalan Kapten Piere Tendean. kue ini tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya merupakan sebuah kue berbentuk bundar layaknya penekuk, yang terdiri dari tiga lapisan mulai dari krim pastry dan juga ku. Tersebut. Rasa yang ditawarkan sangat banyak mulai dari chocomelt, cheese, dan yang paling favorit adalah green tea. Semarang wife cake memang masuk kedalam kue artis kekinian yang banyak dicoba oleh para pengunjung yang datang ke toko tersebut.

  • Semarang Wingkorolls

oleh-oleh khas semarang wingkorolls

Berbicara soal kue kekinian, maka tidak lengkap jika sobat mazmur tidak membeli kue yang biasa dijajakan atau dijual oleh artis. Dengan toko pertama yang dibuat oleh Dewi Sandra, Semarang Wingkorolls masuk kedalam makanan tradisional namun disajikan dan dibuat dalam kedaan yang lebih modern. Semarang Wingkorolls masuk kedalam kue yang lebih modern ini. Sesuai dengan namanya, Semarang wingkorolls merupakan sebuah kue atau bolu gulung yang terdiri atas roti lapis legit dipadukan dengan adonan wingko babat dengan berbagai varian. Rasanya sendiri sangat enak dan variannya cukup banyak mulai dari cheese, donat crispy dan juga peanut nugget. Di sisi lain bagi sobat mazmur yang penasaran mencoba Semarang wingkorolls ini tidak perlu khawatir. Karena bisa langsung datang ke Jalan Kawi nomor 3 dengan harga kue yakni 100.000 per kotak.

Itulah deretan oleh-oleh khas Semarang yang kekinian dan bisa sobat mazmur beli dimanapun di area kota Semarang. Jangan lupa bahwa oleh-oleh kuliner terkadang memiliki rasa yang berbeda di setiap tempatnya, dan sobat mazmur bisa mendapatkan dengan merk yang berbeda-beda. Selain leh-oleh berbentuk fisik yang lebih mudah dibawa, makanan jelas lebih pendek masa kadaluarsanya. Sehingga usahakan membeli kue atau makanan dalam waktu dekat.

Baca Juga : Tips Hemat Liburan ke Jepang
mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur

Recent Posts

Tips Cara membuat warna ikan guppy menjadi cerah

Siapa disini yang mempunyai hewan peliharaan di rumah ? kalau saya memiliki ikan hias air…

3 jam ago

MotoGP Ceko yang penuh Kejutan

Halo penggemar andrenalin khususnya roda dua, tentunya kalian menonton race motogp kemarin malam yang berlangsung…

1 hari ago

Tips Mendapatkan modal usaha dari KTA Online Tunaiku

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat, dimana seluruh dunia mengalami pandemi yang berefek kepada…

3 hari ago

Penampilanmu Akan Lebih Gentle dengan 7 Jam Tangan Pria Terbaik Ini!

Berbeda dengan fungsi awalnya yang hanya digunakan sebagai penunjuk waktu, kini jam tangan menjadi perlengkapan…

5 hari ago

Cara mengatasi 0xc0000142 pada microsoft office

Halo para pengunjung setia mazmur.id , semoga kalian dalam keadaan sehat ya hari ini. Pada…

2 minggu ago

Jasa pasang payet mutiara tembak untuk baju

Sudah lama sepertinya tim mazmur.id tidak melakukan update informasi untuk kalian. Pada kesempatan kali ini…

3 minggu ago