Jenis Karangan Bunga serta Filosofinya

Karangan Bunga duka cita
Karangan Bunga duka cita

Bunga tidak hanya berfungsi sebagai pengisi taman atau kebun supaya indah dipandang mata saja, namun kini fungsi bunga lebih bervariasi, salah satunya yakni digunakan untuk karangan bunga. Hasil kesenian ini biasanya digunakan sebagai tanda ucapan selamat kepada penerimanya. Tanda ucapan selamatnya pun beragam, bisa selamat berduka cita, selamat menikah, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Karangan Bunga

Bunga yang disusun dengan rapi sehingga menghasilkan karangan tersebut menyiratkan ungkapan dari si pemberi dari kata-kata yang ada di dalam karangan. Bunga-bunga disusun menjadi karangan dalam berbagai bentuk yang kreatif. Setiap event tertentu menggunakan pemilihan jenis bunga yang berbeda-beda sehingga memberikan kesan simbolis yang bermakna. Berikut jenis-jenisnya:

Papan bunga

Jenis yang pertama ini merupakan karangan bunga segar yang susunannya memanjang atau melingkar di atas sebuah rangka kayu dan ditaruh di sebuah papan ucapan. Papan bunga terbuat dari dua macam bahan yakni bahan sterofoam atau bahan banner printing. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari ukuran 2M, 2,5 M hingga 3 M.

Susunan rangkaian bunganya juga bervariasi, ada yang full bawah papan, full melingkari papan, maupun 3 titik atau 4 titik. Bunga yang digunakan untuk membuat papan bunga yaitu bunga aster, hortenia, balon, pikok, anturium, serta tambahan daun sri gading. Fungsi papan bunga ini bisa untuk beragam ucapan seperti grand opening, happy wedding, dan lain-lain.

Harga papan bunga berkisar antara harga 500 ribu sampai dengan 2 juta rupiah. Harganya disesuaikan dengan banyaknya bunga serta ukuran papannya. Jenis karangan bunga ini banyak digunakan oleh masyarakat di jaman sekarang sebagai tanda ucapan selamat kepada penerimanya.

Standing Flower

Jenis standing flower merupakan rangkaian bunga buatan atau artificial atau bunga segar yang susunannya ditaruh di atas standing berupa rangka besi dan diberikan kepada penerima sebagai bentuk ucapan atau untuk hiasan. Standing mempunyai bentuk yang mirip dengan buket meja namun bedanya ada pada media penumpunya.

Buket meja atau table flower menggunakan media berupa vas untuk meletakkan bunga, sedangkan standing flower menggunakan rangka penumpu berupa standing rak yang posisinya lebih tinggi daripada vas. Standing flower ini terdiri dari berbagai variasi susunan dari standart 1 susun hingga 3 susun.

Rangkaian bunga yang digunakan untuk standing flower biasanya bunga aster, mawar, hortensia, lily, anturium, pikok, dan lain sebagainya. Karangan bunga standing berfungsi sebagai simbol ucapan untuk acara-acara penting dan sakral seperti ucapan selamat atas grand opening, turut berduka cita, hingga ucapan selamat sekaligus sukses dari perusahaan.

Krans

Jenis krans terdiri dari dua macam yakni krans segar dan krans kertas. Krans segar adalah rangkaian bunga yang disusun secara melingkar serta diberi kaki berupa kayu di bagian bawahnya. Sedangkan krans kertas dibuat dari kertas yang berwarna-warni dan susunannya dibentuk lingkaran dengan dua kaki di bagian bawahnya.

Krans ini hanya digunakan sebagai ucapan turut berduka cita kepada penerimanya. Jenis krans segar bisa dibentuk sesuai dengan permintaan customer, seperti contohnya dibentuk salib. Karangan bunga krans segar sering menggunakan bunga-bunga seperti bunga hortensia, pikok, mawar, anturium, lily, baby breath dan lain sebagainya.

Nuansa krans biasanya didominasi oleh warna putih. Harganya bervariasi, untuk krans kertas biasanya berkisar mulai dari Rp 400.000. Sedangkan kransa segar berkisar mulai dari Rp 750.000. Harga krans berdasarkan tingkat kerumitan karangan serta isinya. Semakin banyak bunga yang digunakan dan pembuatannya rumit, maka semakin mahal harganya.

Hand Bouquet

Jenis hand bouquet adalah jenis karangan yang terdiri dari beragam rangkaian bunga dengan bentuk kemasan menarik dan disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan karangan bunga yang cantik. Bunga yang digunakan untuk hand bouquet biasanya disesuaikan dengan permintaan customer.

Hand bouquet ini biasanya digunakan untuk event-event seperti wisuda, bridal shower, lamaran, ulang tahun, dan event-event lain yang berharga untuk seseorang. Bahkan, hand bouquet juga digunakan untuk event pernikahan yang biasanya digenggam oleh pengantin wanita dan versi mininya atau boutonniere dipakai oleh pengantin pria di bagian kerah jas nya.

Filosofi Bunga-Bunga yang Digunakan pada Karangan Bunga

Bunga mawar

Bunga satu ini banyak dipilih oleh customer untuk dimasukkan pada karangan bunga yang dipesannya. Bunga mawar mempunyai aroma wangi yang khas dengan bentuknya yang cantik dan menarik. Warna bunganya bermacam-macam seperti putih, merah, pink, hingga warna-warna langka seperti biru dan ungu.

Filosofi bunga ini yakni sebagai lambang dari kesedihan, perdamaian, perdamaian, dan kecantikan. Bunga mawar mempunyai makna jiwa yang memiliki perasaan cinta terhadap hal apapun serta bermakna kesedihan juga. Bunga ini kerap menjadi bunga tabur pada acara pemakaman, yang ditaburkan biasanya kelopak bunganya.

Bunga Matahari

Bunga matahari biasa digunakan untuk karangan bunga jenis hand bouquet dan standing flower. Bunga ini termasuk bunga yang unik karena proses pertumbuhan dan perkembangannya mengikuti arah matahari mulai dari terbit hingga terbenam. Pergerakan bunga ini selalu mengikuti kemanapun arah matahari.

Filosofi bunga matahari yakni ketulusan dan kesetiaan, kehangatan, dan kenyamanan. Bunga ini menjadi simbol dari sebuah kesetiaan serta keceriaan dalam suatu hubungan baik percintaan maupun persahabatan. Warna kuning pada bunga ini memberikan makna ceria dan semangat seperti matahari yang selalu bersinar.

Bunga Lily

Bunga lily biasanya digunakan untuk hand bouquet. Warnanya yang kalem dan cantik sangat cocok untuk diberikan pada wanita terkasih. Bunga ini melambangkan makna kesopanan, kesucian, dan kemurnian. Bahkan, bunga lily kerap dijadikan sebagai tanda permintaan maaf kepada seseorang.

Anda bisa memberikan karangan bunga hand bouquet yang berisi bunga lily untuk ibu sebagai sebuah tanda bahwa Anda berterima kasih kepadanya karena telah membesarkan dan menyayang dengan sepenuh hati. Tak jarang juga, bagi pecinta bunga lily, hand bouquet berisikan bunga ini digunakan untuk event pernikahan yang sakral.

Bunga melati

Bunga melati sudah sangat terkenal pada masyarakat luas. Bunga ini banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai momen. Terkadang bunga melati dijadikan sebagai campuran bunga mawar untuk prosesi tabur bunga di pemakaman. Aromanya khas seperti bunga mawar namun warna yang dimilikinya hanya warna putih saja.

Filosofi bunga ini yakni sebagai lambang kesucian, kerendahan hati, kesetiaan, serta keanggunan. Di Indonesia, bunga melati digunakan sebagai aksesoris pengantin yang menandakan bahwa pernikahan adalah acara yang sakral. Biasanya bunga melati yang digunakan oleh pengantin berupa rangkaian bunga yang dikaitkan di kepala sebagai hiasan.

Berbagai bunga bisa digunakan untuk karangan bunga namun biasanya pemilihan bunga disesuaikan dengan momennya. Pastikan saat akan memberi seseorang karangan bunga, Anda memilih jenis karangan yang tepat supaya penerima juga merasa senang dengan karangan yang Anda berikan padanya.

Saya seorang yang tertarik dengan dunia SEO, Berdasarkan Ayat Alkitab Mazmur 23 dan Mazmur 91, Saya membuat mazmur.id