Inilah alasan kenapa langit berwarna biru

Terkadang ada pertanyaan ‘nyeleneh’ yang terucap dari bibir ini, seperti kenapa langit berwarna biru ?

Buat sebagian orang , pertanyaan seperti langit kenapa warna nya biru adalah sebuah pertanyaan bodoh, Namun tidak semua orang dewasa akan memberikan jawaban yang memuaskan. Alih – alih mereka akan menjawab “memang dari sana nya” atau “hanya Tuhan yang tahu “.

Supaya sobat mazmur.id tahu jawaban kenapa langit berwarna biru, yuk kita bahas menurut ilmu pengetahuan khusunya fisika.

Pada intinya kenapa langit bisa memiliki berwarna biru karena terdapat molekul oksigen dan nitrogen yang pada atmosfer bumi yang lebih banyak menyebarkan gelombang biru (panjang gelombang pendek) dari pada gelombang merah (panjang gelombang panjang).

Selanjutnya sinar matahari dapat meyebarkan atau membiaskan cahaya sehingga muncul berbagai warna seperti merah, hijau, kuning dan lainnya atau lebih sering disebut mejikuhibiniu.

Kenapa Atmosfer meyebarkan Cahaya ?

Secara ilmu Fisika, hal ini terjadi karena medan elektromagnetik dari gelombang cahaya menginduksi momen dipol listrik dalam molekul gas. Cukup sulit ya memahaminya? Namun itulah faktanya.

Mengapa Langit Berwarna Biru ?

Karena pada indera mata kita terdapat reseptor yang bisa menerjemahkan warna merah, hijau dan biru. Pada saat menganisa warna di langit, reseptor biru mengalami reaksi yang lebih besar di bandingkan dengan kedua reseptor warna laiinya. Dalam artian lain, mata kita lebih mudah mencerna warna biru jika dibandingkan dengan warna lain pada saat melihat langit

Jadi setelah membaca artikel ini sampai dengan akhir, kita dapat mengetahui kenapa langit warna biru adalah faktor dari keterbatasan mata kita yang hanya bisa mengenali warna biru di langit.

Sangat sederhana kan alasannya ? tetap setia mengunjungi https://mazmur.id/ ya untuk mendapatkan informasi lainnya.

Baca Juga : Warna Cat Kamar Tidur Menenangkan