Ketahui Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab dan Artinya

niat puasa senin kamis
niat puasa senin kamis

Anda mungkin masih belum mengetahui seperti apa niat puasa Senin Kamis. Puasa sunnah ini sendiri akan memberikan pahala yang bernilai seperti ibadah-ibadah lainnya sehingga sangat bagus diamalkan. Untuk langkah-langkah menjalankannya sendiri tidak jauh berbeda dengan puasa sunnah lainnya.

Mengenal Niat Puasa Senin Kamis

Tahukah Anda, bahwa hari Senin dan Kamis adalah yang paling istimewa bagi umat Islam. Apabila muslim menjalankan puasa di dua hari tersebut, maka amalannya akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Oleh karena itu, Rasulullah pun kerap berpuasa di waktu ini. Berikut doa niat puasa Senin Kamis:

Niat Puasa Hari Senin dan Artinya

Sesuai dengan namanya, Anda akan berpuasa di hari Senin sehingga pembacaan niatnya juga dikhususkan pada hari tersebut. Intinya, seseorang perlu melaksanakan amalan ini karena Allah semata. Agar lebih jelas, berikut merupakan bacaan niatnya dalam bahasa Arab sekaligus artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah.”

Niat Puasa Hari Kamis dan Artinya

Setelah mengetahui niat puasa sunnah di hari Senin, maka kurang lengkap rasanya apabila belum memahami seperti apa niat untuk hari Kamisnya. Pada dasarnya, hal ini tidak jauh berbeda. Agar Anda tidak penasaran, maka simak kalimat Arab-nya di bawah ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah.”

Apa Keutamaan Puasa Hari Senin dan Kamis?

Setidaknya, terdapat tiga keutamaan dari puasa Senin dan Kamis apabila Anda melaksanakannya. Terlebih, ibadah ini dikerjakan langsung oleh Rasulullah. Oleh karenanya, jangan sampai tertinggal ketika ingin mendapatkan keutamaannya seperti di bawah ini:

1.Pintu Surga Dibukakan

Dalam sebuah hadits, keutamaan puasa Senin dan Kamis adalah pintu-pintu Surga yang dibukakan. Dengan begitu, Allah sudah membukakan pintu surganya di hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu, keutamaannya sangat disayangkan apabila melewatkannya.

Sebagai seorang muslim sendiri, tentunya ingin menjalankan amalan-amalan terbaik di sisi Allah. Selain itu, saat puasa hari Senin dan Kamis Allah juga akan mengampuni dosa-dosa semua hambanya yang tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun.

2.Amalan Manusia Dikumpulkan

Masih ada banyak umat muslim yang belum mengetahui, bahwa sebenarnya manusia akan memiliki catatan amal. Dimana nantinya di hari Senin dan Kamis catatan tersebut akan dikumpulkan. Oleh karenanya, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengisinya dengan amalan seperti puasa sunnah di hari tersebut.

Adapun maksud dari keutamaan ini adalah selama manusia menjalani kehidupan di muka Bumi, terdapat malaikat Munkar dan Nakir yang akan mencatat seluruh perbuatan manusia. Kemudian mereka akan menyetorkannya kepada Allah di dua hari yang sangat istimewa tersebut.

3.Termasuk Hari Penting Rasulullah

Selain beberapa poin di atas, keutamaan lainnya adalah di hari Senin dan Kamis termasuk hari-hari paling penting di kehidupan Rasulullah. Tentunya hal ini menjadikannya semakin istimewa sehingga termasuk amalan sunnah yang memang memiliki keutamaan sangat kuat.

Pasalnya, amalan ini memang berkaitan langsung dengan Rasulullah. Adapun Senin adalah hari lahir Rasulullah kemudian diutus maupun awal mulanya wahyu turun. Sedangkan pada hari Kamis Rasul keluar di peperangan Tabuk untuk melakukan perjalanan.

Berbagai Manfaat Puasa Hari Senin dan Kamis

Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui apa saja manfaat puasa Senin dan Kamis. Padahal, selain menyimpan banyak keutamaan di dalamnya masih ada beragam manfaat bisa seseorang dapatkan apabila rutin melakukannya. Agar lebih jelas, simak ulasannya di bawah ini:

Terhindar dari Hawa Nafsu

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh dari menjalankan puasa Senin dan Kamis adalah terhindar dari hawa nafsu termasuk godaan setan. Terlebih, keduanya merupakan musuh utama setiap umat muslim. Setan sendiri sebenarnya termasuk makhluk ciptaan Allah dengan tugas menggoda manusia.

Agar mereka tidak menjalankan ajaran Islam serta menyekutukan Allah. Tidak hanya itu juga, setan juga kerap menjadikan manusia tidak dapat mengendalikan hawa nafsu mereka. Ketika seorang muslim berpuasa tentunya lebih mudah dalam mengontrol diri agar terhindar dari hawa nafsunya yang buruk.

Menjadi Benteng/Pelindung Diri

Manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh adalah bisa menjadi pelindung/benteng diri. Oleh karenanya, jangan ragu untuk melaksanakan ibadah sunnah satu ini. Jika kesulitan dengan pelafalan niat bahasa Arab-nya, maka tidak perlu khawatir karena bisa melafalkan niat puasa Senin Kamis latin.

Terlebih, ketika seseorang melakukan puasa dengan cara menahan makan dan minum, tentunya mereka akan lebih sabar secara emosional serta kuat dalam menahan hawa nafsu mereka. Puasa sendiri termasuk sebagai langkah untuk melatih jiwa seorang muslim secara rohani sekaligus jasmani.

Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh adalah bisa menjadikan muslim maupun muslimah terbiasa bertindak disiplin agar mereka terhindar dari berbagai hal buruk. Terlebih, Allah sebenarnya mengetahui berbagai perbuatan tidak terlihat.

Sebagai orang yang beragama Islam tentunya penting untuk membiasakan diri secara disiplin dalam melakukan perbuatan maksiat sekaligus menghindari prasangka buruk. Tentunya hal seperti ini bisa dilakukan dengan lebih mudah saat seseorang berpuasa Senin Kamis sehingga mereka semakin disiplin.

Memupuk Rasa Syukur

Kemudian, Anda juga bisa melakukan puasa ini dengan manfaat untuk membantu memupuk rasa syukur. Ibadah puasa ini sendiri tentunya akan menjadikan seseorang semakin bersyukur atas semua hal yang sudah Allah berikan. Tentunya hal ini lebih bagus daripada hari-hari biasa dimana kurang bersyukurnya.

Terlebih, Allah sendiri selalu memberikan nikmat dan anugerah dalam hidup manusia. Tentunya, ketika seseorang berhasil mengontrol hawa nafsu mereka tidak akan mudah lupa atas nikmat dan anugerah dari Tuhannya sehingga semakin mudah dalam mengucapkan rasa syukur.

Menambah Catatan Amalan

Manfaat lainnya yang tidak kalah bagus dari menjalankan puasa Senin dan Kamis adalah dapat menambah catatan amalan seseorang. Dengan begitu, efeknya adalah mampu meningkatkan kualitas ibadah mereka kepada Allah sehingga lebih mudah dalam mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tidak heran jika seseorang yang berpuasa selalu ingin melakukan ibadah sunnah ini lagi agar mereka senantiasa menambah catatan amalan baiknya. Adapun ketika menjalankannya dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran, berdzikir, sholat dhuha, maupun beristighfar.

Menyehatkan Badan

Jika melihat dari segi medisnya, maka berpuasa juga memiliki manfaat terutama bagi kesehatan tubuh seseorang. Tahukah Anda, bahwa berpuasa tersebut bisa jadi sebuah jalan berobat bagi orang-orang ketika mereka mengalami masalah dengan kesehatan badannya.

Ketika seseorang mengurangi minum dan makan serta selalu menjaga perasaan dan pikiran agar tetap positif, maka secara otomatis bisa jadi salah satu jalan untuk mendapatkan kesehatan tubuh dan mental yang jauh lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghindari makan berlebihan.

Itu tadi informasi lengkap mengenai niat puasa Senin Kamis. Setelah mengetahuinya, maka Anda tentunya sudah bisa menunaikan ibadah sunnah tersebut. Terlebih, amalan ini tentunya memiliki keistimewaan berbeda-beda sehingga sangat sayang jika melewatkannya.

Artikel Terkait : innalillahiwainnailaihirojiun arab