Makanan yang dibungkus daun Pisang, Ada yang jadi Favorit sobat mazmur?

Daun pisang biasanya dijadikan wadah atau tempat bahkan media untuk membungkus makanan / kue tradisional karena dapat memberikan awngi dan rasa yang khas.

Di Indonesia sendiri makanan yang dibungkus daun pisang ada banyak sekali macam nya tiap daerah, tidak tahu ya kalau di negara lain, hehehehe.

Pada kesempatan kali ini, tim mazmur.id akan coba sedikit mengulas makanan apa saja yang biasanya di bungkus menggunakan daun pisang, siapa tahu ada makanan favorit sobat mazmur di rumah nih.

Makanan yang dibungkus daun pisang

Lontong

lontong
lontong

Lontong merupakan makanan yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk masyarakat indonesia khususnya pulau jawa.

Cara membuat lontong terbilang sangat mudah, beras yang sudah di aroni di bungkus menggunakan daun pisang dan di kukus menggunakan air mendidih.

Pepes

pepes-ikan-peda
pepes-ikan-peda

Salah satu makanan khas jawa barat ini biasanya terbuat dari tahu, ikan atau oncom.

Cara membuat pepes cukup mudah, sobat mazmur.id cukup mencampurkan bumbu dan rempah serta daun kemangi, tomat dan cabai pada tahu dan oncom yang telah di remah – remah / ikan yang telah dibersihkan di bungkus dengan daun pisang lalu di pasangkan dua buah potongan kecil bambu pada ujung nya untuk mengencangkan bungkus dan di bakar (pepes) di atas api sampai bungkus menering.

Lemper

lemper ayam
lemper ayam

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini juga termasuk kedalam makanan yang dibungkus dengan daun pisang.

Lemper sendiri memiliki dua buah cara memasak, di kukus dan di bakar, tinggal sobat mazmur.id pilih sesuai selera.

Kue Nagasari

kue nagasari
kue nagasari

Makanan yang memiliki rasa manis dan gurih ini juga termasuk kedalam makanan / kue yang dibungkus dengan daun pisang dan di isikan irisan pisang dalam adonannya.

Kue Bugis

kue bugis
kue bugis

Seperti kue pisang, namun memiliki warna hijau pada adonannya dan isian yang berbeda, Isian kue bugis biasanya adalah parutan kelapa dan gula merah.

Arem – Arem

Arem-Arem
Arem-Arem

Secara tekstur, makanan ini mirip lontong karena terbuat dari beras yang dikukus. Bedanya, arem-arem dimasak bersama santan dan diberi isian berupa sambal goreng ayam serta sayuran.

Tim mazmur.id yakin masih banyak makanan / kue yang dibungkus daun pisang yang belum kami sampaikan karena setiap daerah tentunya memiliki makanan tradisional masing – masing.

Baca Juga : Resep Bakwan Sayur Renyah Tahan Lama