Categories: Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Manfaat Daun Kelor Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang ditemukan banyak di Indonesia. Dengan suku Moringaceae. Jika sobat mazmur mempelajari peribahasa, mungkin sobat mazmur pernah mendengar peribahasa seperti “dunia tak selebar daun kelor”. Hal ini dikarenakan daun kelor tidak lebar melainkan cukup kecil untuk sebuah ukuran daun.

Manfaat Daun Kelor

Berbicara selalu daun kelor tanaman ini, sebenarnya memiliki nama Latin Moringa oleifera. Di mana, daun kelor bukan hanya sebagai semak-semak biasa. Namun banyak yang belum mengetahui manfaat dari daun ini yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan.

7 Manfaat Daun Kelor yang belum diketahui

Berikut ini adalah deretan manfaat daun kelor yang belum diketahui banyak orang yang bisa sobat mazmur dapatkan informasinya :

1. Gizi Menyusui

Manfaat daun kelor yang pertama yang dapat sobat mazmur rasakan dengan mengkomsumsi daun kelor khususnya ibu meyusui  yakni dapat meningkatkan Gizi. Di mana dilansir dari Dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, yang menjelaskan bahwa adanya tanaman kelor ini ternyata bisa membantu mengembangkan kesehatan seorang ibu yang menyusui. Mengingat ibu yang menyusui harus menerima protein yang tinggi, zat besi dan vitamin C untuk bisa menghasilkan ASI lebih banyak yang berkualitas untuk anak-anaknya.

2. Vitamin A

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah mendapatkan vitamin A yang cukup tinggi. Di mana daun ini ternyata mengandung vitamin A yang dapat membantu menyehatkan mata. Daun kelor ini sering digunakan untuk menghilangkan berbagai penyakit pada mata, mulai dari mengkonsumsinya secara rutin. Hingga menggunakannya secara langsung. Menurut Tati Winarto, sebagai seorang pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, menjelaskan bahwa vitamin yang terkandung pada daun kelor dapat mengurangi risiko mata minus, silinder dan juga katarak. Selain itu cukup banyak pasien yang menderita penyakit mata yang ingin menggunakan obat herbal menggunakan daun kelor ini.

3. Anti stress

Manfaat daun kelor selanjutnya yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat yakni dapat menghilangkan stres atau tekanan. Menurut sebuah penelitian dalam Jurnal Farmakologi Dan Farmakodinamik, disebutkan bahwa daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami yang bisa didapatkan dari dedaunan dan juga tidak menimbulkan efek samping. Artinya tanaman yg memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek-efek toksik yang dapat memicu stres ataupun tekanan pada tubuh. Di sisi lain daun kelor juga menjadi salah satu tanaman yang menenangkan layaknya teh.

4.Menurunkan Gula Darah

Manfaat yang jarang sekali diketahui dari daun kelor selanjutnya yaitu dapat menurunkan gula darah seseorang. Apabila sobat mazmur atau keluarga yang memiliki gula darah cukup tinggi, dikarenakan sering mengkonsumsi makanan karbohidrat ataupun makanan manis. Maka mulai saat ini sobat mazmur harus mengontrol gula darah dengan cara membatasi karbohidrat atau membatasi konsumsi makanan yang manis. Namun di sisi lain dibarengi dengan mengkonsumsi air rebusan daun kelor atau mengkonsumsi daun kelor sebagai makanan dan juga salad

Sebuah penelitian diadakan pada penderita gula darah tinggi yang mengkonsumsi daun kelor selama 2 bulan berturut-turut, dan berhasil menurunkan gula darah sebesar 21%. Jika sobat mazmur mau, konsumsi sebanyak 50 gram dalam 1 porsi selama 1 minggu 3 kali. Setelah itu sobat mazmur akan mendapatkan efek samping penurunan gula darah.

5. Anti Kanker

Seperti yang sobat mazmur ketahui, masyarakat di zaman modern ini memang memiliki gaya hidup yang berbeda. Dimana gaya hidup yang salah, dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya adalah kanker.  Berdasarkan Jurnal Toksikologi yang diedarkan pada tahun 2011, menyatakan bahwa ekstrak daun kelor ternyata dapat mencegah sel kanker terutama kanker serviks pada wanita.

Selain itu ekstrak kelor dapat mencegah pertumbuhan dan juga reproduksi sel sel kanker menjadi lebih cepat dan juga berkembang pesat. Untuk itu peneliti menemukan dan juga menyimpulkan bahwa daun kelor bisa mencegah atau berpotensi untuk menghindari sobat mazmur dari  kanker. Konsumsi daun kelor secara rutin atau khususnya ekstrak daun kelor untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menjaga Pencernaan

Selanjutnya, manfaat daun kelor yang bisa sobat mazmur rasakan dari mengkonsumsi daun kelor adalah lancarnya sistem pencernaan atau membantu membuang berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Di mana daun kelor merupakan sumber kalsium dan juga tanaman yang mengandung serat yang cukup banyak, sehingga ketika sobat mazmur mengkonsumsinya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Di sisi lain kandungan serat pada dalam daun kelor juga dapat mengontrol berat badan.

Sehingga tubuh akan merasa kenyang cukup lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal. Jika sobat mazmur ingin menurunkan berat badan atau diet dengan sehat. Sobat Mazmur bisa mengganti makanan atau sayur-sayuran dan menambahkannya daun kelor sebagai salah satu sayuran favorit.

7. Menyehatkan Kulit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Selain vitamin A daun kelor juga mengandung vitamin C yang dapat melindungi dan juga menutrisi kulit. Vitamin yang terkandung pada daun kelor memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Daun kelor sendiri bisa dijadikan sayur dan anak konsumsi setiap hari ataupun daun kelor bisa dijadikan masker untuk kecantikan yang digunakan secara rutin. Menurut Braxe.com daun kelor mengandung anti bakteri alami dan juga anti jamur yang dapat melindungi kulit dari infeksi dan juga jerawat di sisi lain. Daun kelor dapat menyingkirkan ketombe membantu menyembuhkan gigitan dari serangga dan juga kutil karena virus atau pun luka.

Itulah deretan manfaat yang bisa sobat mazmur rasakan dan mungkin belum sobat mazmur  ketahui. Di mana ke-7 manfaat daun kelor yang belum diketahui banyak orang ini. Bisa sobat mazmur gunakan sebagai salah satu panduan yang tepat untuk melindungi diri atau mencegah berbagai penyakit dengan cara yang lebih alami.

Baca Juga : Bolehkah ibu hamil minum susu jahe

mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur

Share
Published by
mazmur.id

Recent Posts

Bahan dan Cara membuat Disinfektan Sendiri

Cairan disinfektan dipercaya dapat membunuh kuman dan virus corona atau covid-19. Sehingga banyak masyarakat yang…

18 jam ago

Jokowi bukan seorang superman

Jokowi, tentunya kalian sudah tahu siapa belian, Jokowi bukanlah seorang Presiden melainkan Presiden ke 7…

1 hari ago

Corona memporakporandakan dunia

Corona atau Covid 19 merupakan virus yang dapat memporakporandakan dunia saat ini. Virus Corona yang…

5 hari ago

Cara mudah mengetahui baterai Handphone mulai rusak

Di era digital saat ini tentunya smartphone sudah tidak asing lagi, mulai dari anak kecil…

1 minggu ago

Cara buat Hand Sanitizer Sendiri

Penyebaran virus corona atau Covid 19 di indonesia sudah cukup meluas, hal ini terbukti dengan…

1 minggu ago

Cara install thunderbird linux command line

Thunderbird merupakan salah satu aplikasi mail client open source yang banyak di gunakan saat ini.…

1 minggu ago