Tips Cara belanja Online Aman dan Nyaman

Saat ini belanja online sudah menjadi trend di seluruh dunia, Mengingat cukup dari rumah tanpa adanya batasan waktu dan tempat, kita sudah dapat memiliki barang impian.

Tentunya kalian belum lama ini pernah membaca berita dimana marketplace Tokopedia database nya di hack atau retas dan di perjualbelikan di darkweb.

Sebenarnya ini bukan hal baru, Hal ini juga pernah terjadi pada Bukalapak yang juga datanya di hack dan di perjualbelikan pada tahun 2017 serta yang paling teranyar adalah Bhineka.com yang di hack dan diperjualbelikan datanya di darkweb.

Berbicara belanja online tentunya kita sebagai user harus kristis, baik dari segi barang yang ingin di beli ataupun keamanan data yang kita miliki.

Pada kesempatan kali ini, tim mazmur.id akan memberikan sedikit tips cara belanja online yang aman dan nyaman untuk kalian, yuk disimak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Cara belanja online yang aman

Rutin Ganti Password

Password merukan salah satu hal yang krusial, Diharapkan kepada sobat mazmur untuk rutin mengganti password untuk mengamankan akun kalian.

Jangan menggunakan tanggal lahir, tanggal jadian atau tanggal yang mudah ditebak. Pastikan Password kalian memiliki Huruf Besar, Huruf kecil, Karakter dan Angka.

One Time Password (OTP)

Saat ini sudah banyak website yang memberikan keamanan ganda dengan memberikan fasilitas One Time Password (OTP) dengan mengirimkan kode unik ke Email atau Nomor HP terdaftar. Jangan memberikan One Time Password ke orang lain.

Reputasi Toko

Jika kalian berbelanja pada marketplace, harap perhatikan reputasi toko dan komentar yang didapatkan dari pelanggan lain. Pastikan setiap komentar yang masuk adalah komentar yang bersifat positif.

Jangan hubungi No HP di Komentar

Pada beberapa kasus di salah satu marketplace, ada penipu yang ‘mengatas’ namakan toko dengan memberikan balasan komentar kepada calon pembeli yang bertanya pada kolom chat seperti “Hubungi nomor 081234XXXX untuk fast response”.

Jika sobat mazmur sudah mendapatkan komentar tersebut, lebih baik pindah ke toko sebelah saja.

Link Phising

Salah satu teknik untuk mencuri akun baik sosial media, maupun akun lainnya yang berguna untuk login adalah dengan menggunakan teknik Phising.

Cara mencuri akun orang dengan teknik phising adalah cara yang paling sering di gunakan oleh hacker, mereka berpura – pura mengirimkan link dan jika target mengklik link tersebut, maka akun tersebut dapat di ambil alih oleh hacker.

Sampai disini menurut tim mazmur.id cara berbelanja online yang aman dapat kita lakukan. Jaga setiap privasi, Username, Pass, Email untuk mencegah pencurian atau pembobolan akun.

Tetap tunggu informasi penting lainnya di mazmur.id ya, salam sejahtera dan Tuhan Memberkati.