Toko Online di Indonesia

Toko Online, tentunya sobat mazmur.id sudah tidak asing dengan kata tersebut atau terkadang kita menyebutnya dengan nama marketplace.

Saat ini sudah tersedia banyak toko online di indonesia sehingga semua kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan mudah tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Seller Toko Online
Seller Toko Online

Berbicara mengenai toko online, tentunya jika di lihat dari ‘kacamata’ orang awam tentu sebatas tampilan yang enak digunakan dan proses yang simpel, bener gak? Namun nyatanya erd dan database toko online sangat komplek.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id tidak membahas mengenai source code toko online, erd toko online ataupun database toko online, melainkan membahas beberapa toko online yang cukup banyak peminatnya di indonesia. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Toko Online Di Indoneisa

Blibli

Blibli pertama kali diluncurkan sebagai toko online pada tanggal 15 Agustus 2011 oleh anak perusahaan Djarum PT Glogal Digital Niaga yang didirikan pada tahun 2010.

Dikutip dari halaman wikipedia, blibli menginvestasikan biaya sebesar Rp. 100 Miliyar untuk server, jaringan dan security. Wah, banyak juga ya modalnya

Elevania

Elevania merupakan situs toko online yang pertama kali di luncurkan pada tanggal 1 Maret 2014 dibawah naungan PT. EXEL Planet yang merupakan gabungan dari PT EXCEL AXIATA dengan PT SK PLANET dari Korea Selatan.

Toko Online Elevania fokus kepada 8 kategori penjualan yang terdiri dari

  • Fashion
  • Beuty and Health
  • Babies and Kids
  • Home and Food
  • Gadget and Komputer
  • Elektronik
  • Sport and Hobby
  • Mokado dan Service

Pada tahun awal peluncurannya, toko online elecania membukukan pendapatan sebesar Rp. 250 Miliyar dengan total pengguna mencapai 1 juta user.

Saat ini Toko Online elevania sudah di akuisisi oleh salim group sejak tahun 2017.

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu toko online di indonesia yang awalnya hanya toko daring untuk memudahkan para pelaku umkm mempromosikan dagangan mereka.

Toko Online besutan dari Achmad Zacky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid yang luncurkan sejak 10 Januari 2010 ini, Kini telah menjadi startup unicorn sejak tahun 2017.

Bukalapak sendiri pada tahun 2019 mempunyai lebih dari 4,5 juta ‘pelapak’ , 70 juta pengguna aktif dengan rata – rata 2 juta transaksi setiap harinya.

JD ID

JD ID di luncurkan untuk pasar indonesia sejak Oktober 2015 yang fokus kepada penjualan elektronik yang susa di dapatkan seperti iPad Pro dari Apple dan A2010 dari lenovo yang baru di luncurkan di akhir 2015.

Dikutip dari halaman wikipedia, biaya yang di keluarkan JD COM (pusat) untuk mendapatkan Top Level Domain Indonesia JD ID berkisar Rp. 500.000.000 atau setara $ 38.000 masa itu.

Lazada

Lazada pertama kali di luncurkan sebagai toko online di indonesia sekitar 8 tahun yang lalu atau 27 Maret 2012.

Didirikan oleh  Alexander SamMarc Samwer, Oliver Samwer  kini lazada telah di akuisisi oleh Alibaba Group sejak tahun 2014.

Shopee

Shopee menjadi salah satu toko online di indonesia yang perkembangannya cukup cepat, dengan berbagai promo yang menjadi andalan mereka adalah “gratis ongkir”.

Ketika pertama kali di luncurkan di Singapura, target utama penjulan toko online shopee adalah customer to customer (C2C) namun setelah mengeluarkan Shopee Mall target penjualan mereka menjadi Hybrid C2C dan B2C.

Tokopedia

Tokopedia pertama kali dimulai sejak 6 Februaril 2009 oleh  William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dan mulai resmi di pekerkenalkan kepada publik sejak 17 Agustus 2009.

Saat ini Tokopedia sudah bertransformasi menjadi salah satu Unicorn terbesar di Asia Tenggara. Tokopedia sendiri sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan antara lain :

  • Marketeers Of The Year 2014 sektor E-Commerce
  • Best Company in Consumer Industry 2016
  • Aplikasi Terbaik Pilihan Masyarakat 2018
  • Dan lain – lain

Zalora

Zalora merupakan toko online yang ada di indonesia, Berbeda dengan toko online lainnya, Zalora sendiri lebih fokus terhadap penjualan fashion dan kecantikan.

Di Indonesia sendiri Zalora pertama kali di luncurkan pada tahun 2012 dan dikelola oleh PT. Fashion Eservices Indonesia

Nah, itulah beberapa toko online yang cukup familiar di indonesia. Sebenarnya, masih banyak sekali toko online di indonesia saat ini, namun tim mazmur.id hanya merangkum beberapa saja.

Jika sobat mazmur ingin membuat toko online untuk menjual berbagai barang , ada baiknya kalian memikirkan beberapa hal, antara lain :

  • Nama Toko Online
  • Template Toko Online
  • Slogan

Jika sudah menentukan tiga hal utama tersebut, kalian tinggal mencari jasa pembuatan website toko online, karena kalian tidak perlu memusingkan source code website tersebut beserta erd database toko online.