Categories: Ringkasan Kebaktian

Tujuan Ke Gereja (The Purpose Of Going To Church)

Shalom, pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit informasi mengenai rangkuman khotbah GBI PRJ Pluit / CK7 pada kebaktian paskah tanggal 21 April 2019 yang disampaikan oleh Pdm. DR. Janto Simkoputera, MD PhD.

Rangkuman kebaktian / rangkuman khotbah ini disampaikan pada kebaktian pertama yang berlangsung mulai jam 09:00, yuk simak rangkuman khotbahnya jika sobat mazmur kemarin tidak sempat beribadah ke gereja ck7.

Tujuan Ke Gereja (The Purpose Of Going To Church)

Kronologi Tuhan Yesus :

Dua ribu tahun yang lalu, Jumat Agung memperingati kematian dan pengorbanan Tuhan Yesus bagi dosa manusia. Tuhan Yesus dikandung oleh Roh Kudus dan lahir melalui seorang perawan Maria, pada usia 33,5 tahun Ia melayani dibumi, tetapi kemudian Ia ditangkap, diadili dan dibunuh oleh orang – orang Yahudi, Ia mati dan bangkit pada hari ketiga, selama 40 hari Ia bersama para murid dalam dunia setelah kebangkitanNya, lalu naik ke sorga, selama 10 hari para murid menantikan pencurahan Roh kudus.

Pencurahan Roh Kudus Pertama

  1. Upper Room Jerusalem (2000 Tahun Lalu) –  70% Penduduk Kerajaan Romawi Menjadi Kristen
  2. Pencurahan Roh Kudus Kedua –  Azusa Street Los Angeles (1906)À 21% Penduduk Dunia Menjadi Kristen
  3. Pencurahan Roh Kudus Ketiga – Sedang Berlangsung Saat Ini Penuaian Satu Miliar Jiwa

Pada zaman sekarang, banyak gereja yang lebih mementingkan keinginan daging, menyenangkan telinga sehingga banyak pengajaran yang menyesatkan dan menyimpang dari Alkitab. Banyak orang lebih menyukai ajaran yang demikian dan tidak suka dengan ajaran yang keras, oleh karena itu akan banyak sekali orang Kristen yang disesatkan karena mereka tidak memahami tujuan ke gereja.

“Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya” (Matius 7:13 – 14).

Ini artinya, banyak orang yang menjadi Kristen, tetapi hanya 15 – 20% hamba Tuhan yang masuk garis finis (masuk surga). Tuhan menghendaki kita hidup untuk menjadi pelaku firman agar kita dapat masuk garis finis (masuk surga). “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga,
melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga” (Matius 7:21).

“Berfirmanlah Allah: ‘Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burungburung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.’ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar – Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki- laki dan perempuan diciptakan- Nya mereka” (Kejadian 1:26-27).

Kita diciptakan serupa dengan  gambaran Allah, artinya semua kekurangan yang ada pada diri kita harus  dihilangkan, agar hidup kita dapat serupa dengan gambaran Allah yang sempurna & berkuasa atas binatang di atas bumi. Tetapi, di zaman sekarang, manusia sudah tidak segambar dengan Allah, karena banyak gereja yang lebih memilih memberikan pengajaran yang menyenangkan telinga dan kesenangan daging bagi jemaat, bahkan cenderung menyesatkan.

Akibat Dari Hilangnya Gambar & Rupa Allah Adalah :

Manusia Tidak Lagi Berkuasa Atas Binatang Di Atas Bumi

Terbukti dari munculnya berbagai penyakit yang diakibatkan dari hewan, antara lain:

  • ASIA SARS (dari babi, kelelawar),
  • TIMUR TENGAH MERS (dari unta muda),
  • AFRIKA EBOLA (dari kelelawar & kera).

Penyimpangan Gender

Terbukti dengan mulai hadirnya all gender toilet (gender neutral restroom) di beberapa negara. Sejak awal, Allah hanya menciptakan manusia laki – laki dan perempuan, tidak ada gender netral. Populasi di bumi = 7.4 miliar orang agama Kristen memiliki jumlah terbesar pada 2015, yaitu sebesar 31,2%.

Dari 31,2% populasi agama Kristen yang ada, akan mengalami berbagai macam penyaringan:

PENYESATAN

“Jawab Yesus kepada mereka: ‘Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama -Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang” (Matius 24:4, 5, 11); “Yesus menjawab mereka: “Kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah’ (Matius 22:29)!

Tuhan mengizinkan terjadinya penyesatan agar terjadinya penyaringan. Agar kita tidak dapat disesatkan, Tuhan
ingin kita menguasai & memahami Firman Tuhan dan menjadi pelaku Firman.

PEMROSESAN

Taman Getsemani

Berasal dari bahasa Ibrani: Gat-Šmânim yang berarti alat pemeras (penghasil) minyak. Manfaat buah zaitun untuk pengobatan dan perawatan, masakan dan makanan sehat dan minyak urapan. Ini artinya, kita harus menjadi jemaat yang siap untuk diproses seperti buah zaitun yang pada akhirnya menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat.

Pasukan Gideon 300

Proses penyaringan pasukan Gideon dijelaskan dalam kitab Hakim – hakim 7. Dari jumlah pasukan Israel 32.000 orang, ketika harus mengalami proses penyaringan, 22.000 orang takut perang, tinggal 10.000 masih terlalu banyak, ketika diuji lagi tinggal tersisa 300 pasukan saja sehingga hanya mengandalkan Tuhan dan memuliakan Dia ketika menerima kemenangan.

PENYELEKSIAN

Ketika bangsa Israel keluar dari Mesir, Tuhan melakukan seleksi bagi yang taat, intim dengan Tuhan dan memiliki iman yang positif. Yosua dan Kaleb adalah orang – orang yang masuk ke Tanah Perjanjian karena mengalami proses seleksi dari antara orang Israel.

Tiga karakter yang dimiliki Yosua & Kaleb adalah:

  • Ketaatan –Doa Fajar,
  • Keintiman dengan Tuhan–Menara Doa; dan
  • Iman Positif– memiliki respon iman yang positif dalam keadaan apa pun.

Dari 31,2% orang yang beragama Kristen, Tuhan akan melakukan penyaringan dengan cara penyesatan, pemrosesan, dan penyeleksian. Melalui gereja ini, kita diajar untuk menjadi Kristen yang berani bayar harga agar kita dapat lolos dari penyaringan. Sehingga kita dapat menjadi jemaat yang terpilih seperti Yosua dan Kaleb yang telah berhasil melewati padang gurun, dan akhirnya terpilih untuk memasuki Tanah Perjanjian. Amin!

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Baca Juga : Karya Kristus Di kayu Salib

mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur

Recent Posts

Bahan dan Cara membuat Disinfektan Sendiri

Cairan disinfektan dipercaya dapat membunuh kuman dan virus corona atau covid-19. Sehingga banyak masyarakat yang…

2 hari ago

Jokowi bukan seorang superman

Jokowi, tentunya kalian sudah tahu siapa belian, Jokowi bukanlah seorang Presiden melainkan Presiden ke 7…

3 hari ago

Corona memporakporandakan dunia

Corona atau Covid 19 merupakan virus yang dapat memporakporandakan dunia saat ini. Virus Corona yang…

1 minggu ago

Cara mudah mengetahui baterai Handphone mulai rusak

Di era digital saat ini tentunya smartphone sudah tidak asing lagi, mulai dari anak kecil…

1 minggu ago

Cara buat Hand Sanitizer Sendiri

Penyebaran virus corona atau Covid 19 di indonesia sudah cukup meluas, hal ini terbukti dengan…

2 minggu ago

Cara install thunderbird linux command line

Thunderbird merupakan salah satu aplikasi mail client open source yang banyak di gunakan saat ini.…

2 minggu ago