Ingin Mulai berbisnis harus punya modal ?

Apakah memulai bisnis perlu modal
Apakah memulai bisnis perlu modal

Banyak yang mau berbisnis, terbentur modal. Tapi sebenarnya yang terpenting bukan itu. Berbisnis itu yang terpenting pasar, alias pembeli.

Banyak orang mengeluh tak bisa berbisnis karena tak punya modal. Tapi sebenarnya lebih banyak lagi kasus orang tak berbisnis karena tak punya pasar, atau tak terhubung dengan pasar. Cuma jarang orang mengeluh soal itu. Jangankan mengeluh, sadar masalahnya saja pun tidak.

Anda ingin menjalankan suatu bisnis, tapi tak punya modal. Itu sama saja dengan Anda ingin beli Ferrari, tapi tidak punya duit. Ferrari itu bukan untuk kamu. Bisnis itu bukan untuk kamu. Kamu lucu kalau mengeluh tidak bisa berbisnis karena tidak punya modal, selucu kamu mengeluh tidak bisa beli Ferrari.

Apa yang harus dilakukan? Carilah pasar. Buat diri Anda terhubung dengan pasar itu. Kalau sudah dapat pasarnya, tapi Anda tidak punya modal usaha, cari modalnya. Kalau tidak bisa Anda usahakan, artinya Anda masih berkhayal soal Ferrari. Get real!

Terus mencari, sampai Anda mendapatkan 2 hal itu, pasar dan modalnya. Dari pengalaman saya, 2 bisnis rumahan sambilan yang saya tekuni nyaris tak memerlukan modal. Modal awalnya cuma 3-4 juta. Hasilnya? Ehm.

Sumber : FB Kang Hasan

Catatan Penulis :

Jika sobat mazmur.id ingin usaha rumahan dengan modal minim, Kalian dapat memanfaatkan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah. Kalian dapat memaksimal kan modal usaha tersebut dengan melihat contoh usaha modal kecil untung besar dari internet