Cara Mudah membersihkan Panci Gosong

Memiliki peralatan memasak yang selalu bersih merupakan impian setiap ibu rumah tangga, namun sayang nya banyak peralatan dapur yang menjadi berkerak atau gosong.

Cara membersihkan panci gosong memang membutuhkan sedikit tips dan trik, karena panci yang berkerak sudah tentu sangat mengganggu penampilan peralatan dapur kesayangan.

Peyebab terjadinya kerak gosong pada panci biasanya terjadi karena tumpahan masakan atau sobat mazmur lupa membalik makanan yang sedang dimasak.

Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit tips cara menghilangkan kerak gosong pada panci atau wajan, yuk simak artikel lengkapnya dibawah ini

Cara menghilangkan kerak panci

  1. Jangan menghilangkan kerak sisa makanan menggunakan benda logam seperti sendok atau pisau karena hal ini dapat merusak panci atau wajan
  2. Rendam panci atau wajan dengan air untuk melunakan kerak gosong agar mudah dibersihkan.
  3. Panaskan wajan yang telah sobat mazmur rendam dengan air menggunakan api sedang sampai mencapai titih didih
  4. Bersihkan kerak atau gosong yang menempel menggunakan sendok kayu sampai bersih
  5. Jika sobat mazmur rasa sudah cukup bersih, silahkan buang air kotor resebut dan segera lah cuci wajan / panci yang berkerak menggunakan sabun cuci piring

Jika kerak sisa masakan di dalam panci sudah telanjur mengeras karena terlalu lama diabaikan dan sedikit demi sedikit menumpuk, trik berikut ini bisa sobat mazmur coba:

  1. Isi panci dengan air hingga merendam bagian yang berkerak gosong.
  2. Tuangkan secangkir cuka ke dalam air.
  3. Didihkan campuran air dan cuka lalu angkat panci dari kompor.
  4. Tambahkan 2 sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci. Gelembung-gelembung udara akan muncul pada dasar panci. Diamkan kurang lebih 10 menit.
  5. Gunakan sabut cuci piring untuk menggosok bagian yang berkerak gosong hingga bersih, Selanjutnya sobat mazmur dapat mencuci nya seperti biasa.

Cara menghilangkan gosong pada panci

Berikut ini cara membersihkan wajan yang hitam dan membersihkan panci gosong:

  1. Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang bisa menampung panci atau wajan yang ingin dibersihkan.
  2. Tambahkan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue ke dalam air panas. Aduk hingga tercampur.
  3. Celupkan panci atau wajan sehingga bagian luarnya yang gosong terendam air. Anda bisa meletakkan pemberat di dalam panci atau wajan agar tidak mengambang.
  4. Biarkan semalaman hingga jelaga membandel melunak.
  5. Cuci dengan sabut spons seperti biasa.

Itulah sedikit cara menghilangkan kerak gosong pada panci, semoga tips yang tim mazmur.id berikan dapat membantu sobat mazmur yang sedang kesulitan menghilangkan kerak pada wajan atau panci.

Baca Juga : Cara menggunakan mesin Cuci