Cara mudah mengatasi anak sering Ngompol

Ngompol tidak hanya terjadi pada anak kecil, orang dewasa juga terkadang masih mengalami ngompol.

Banyak diantara kita sebagai orang tua yang mempunyai anak yang masih suka mengompol terlebih jika di box bayi, Namun berbeda jika sang buah hati telah dewasa, tentu menjadi masalah yang merepotkan bagi kita, apalagi jika usia si anak sudah mulai tergolong cukup umur untuk tidak mengompol.

cara mengatasi anak ngompol
cara mengatasi anak ngompol

Tau kah anda bahwa ternyata ada beberapa cara untuk membuat anak kita berhenti dari kebiasan mengompol tersebut, diantaranya yaitu :

Pipis dahulu sebelum tidur

Biasakan anak untuk pipis sebelum tidur, kita bisa menjadikan ini sebagai aktivitas rutin sebelum tidur, selain dari cuci tangan, kaki dan menggosok gigi. Agar lebih mudah pertama kita harus mendampinginya terlebih dahulu.

Jadwal tidur yang teratur

Taukah anda bahwa cara ini juga dapat membantu anak agar tidak mengompol di malam hari? Karena banyak riset membuktikan kalau anak yang terlalu lelah atau kurang tidur justru lebih cenderung mengompol.

Atur jumlah minum, tapi jangan dibatasi

Jangan terlalu banyak memberi anak minum di malam hari karena dapat membuat si anak mengompol, atur jumlah minum lebih banyak di siang dan sore hari dan pada malam harinya dapat dikurangi.

Membatasi makan cemilan kemasan

Jangan membiarkan anak terlalu banyak makan cemilan kemasan apalagi yang bersifat asin dan gurih, hal ini akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengatir keseimbangan garam dalam tubuh dan lebih banyak memproduksi kencing. Hal ini berlaku juga untuk makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein.

Jangan marahi anak

Banyak diantara kita yang sedang melakukan hal ini, jika anak kita mengompol, kita kerap akan langsung memarahinya. Hal tersebut tentunya dapat membuat anak menjadi tertekan, jika hal ini sampai terjadi justru kita harus memberi dukungan ke anak kalau dia pasti akan bisa mengatasinya.

Berikan pujian atau reward

Jika anak sudah bisa untuk tidak mengompol ada baiknya kita memberikan pujian atau reward kepadanya agar si anak merasa senang dan bangga atas apa yang sudah dia lakukan.

Itulah beberapa dari sekian banyak cara untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak. Apapun dan bagaimana caranya tentu saja harus kita lakukan secara sabar dan perlahan. Semoga berhasil.