Cara mudah mengetahui Spek Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop merupakan perangkat yang biasa digunakan untuk menunjang aktifas sehari – hari.

Dengan berbagai kebutuhan dan kegunaan, tentunya setiap user membutuhkan spek komputer yang berbeda – beda. Sebagai contoh, spek komputer untuk desain berbeda dengan spek komputer untuk staff admin.

Pada kesempatan kali ini, tim mazmur.id akan memberikan sedikit cara cek spek komputer, cara ini untuk kalian yang masih belum mengetahui ya, untuk yang sudah mahir, mohon koreksi nya.

Cara Cek Spesifikasi Komputer atau Laptop

Sobat mazmur dapat melakukan cek spesifikasi komputer yang pertama dengan menekan tombol windows + tombol pause break , Nanti akan muncul halaman baru yang menjelaskan :

Windows Edition

Menu ini menampilkan Windows yang sobat mazmur.id pergunakan beserta versinya.

Windows Edition
Windows Edition

System

Pada bagian ini menampilkan data manufacture, Model, Rating, Processor, Installed Memory (RAM), System Type (32 bit / 64 bit) serta Pen and Touch.

Computer Name, Domain and Wordgroup

Computer name
Computer name

Pada menu ini menampilkan nama komputer dan workgroup komputer yang terhubung dalam jaringan

Windows Activation

windows activation
windows activation

Dibagian ini menampilkan serial number yang windows kalian install.

Pada cara ini memang belum semua spesifikasi nya bisa tampil secara jelas, sobat mazmur.id dapat mencoba cara berikutnya untuk melengkapi cara mengetahui spek komputer atau laptop.

DXDiag

Mungkin sobat mazmur.id masih bingung atau bertanya, Apa itu DXDiag ? DXDiag merupakan singkatan dari kata DirectX Diagnostic Tool yang digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer.

Silahkan sobat mazmur klik start, lalu ketikan dxdiag dan enter atau dengan menekan tombol windows + R secara bersamaan dan ketikan DXDiag lalu enter.

DXDiag sendiri terbagi menjadi beberapa tab menu, antara lain :

  • System
  • Sound
  • Display
  • Input
Dxdiag System
Dxdiag System

Pada menu DXDiag System, Sobat mazmur.id dapat mengetahui Tanggal dan Waktu saat ini, Nama Komputer, Operating System yang di gunakan, Bahasa yang digunakan pada komputer atau laptop, System Manufacturer, System Model (Type Motherboard) , Versi Bios, Processor yang dipergunakan dan memory yang terpasang , Page File , serta DirectX Versi keberapa.

Dxdiag Display
Dxdiag Display

Selanjutnya sobat mazmur pindah ke menu Display, disana sobat mazmur.id akan mendapatkan informasi nama perangkat, Pabrikan pembuat, Jenis Chip nya, Serta Driver yang dipergunakan.

DXDiag Sound
DXDiag Sound

Lalu pada menu sound, Seperti pada menu display atau tampilan, terdapat informasi nama perangkat, Identitas Perangkat dan lainnya serta driver yang terinstall agar komputer atau laptop sobat mazmur.id dapat mengeluarkan suara.

DXDiag Input
DXDiag Input

Pada menu terakhir adalah DXDiag Input, Di menu ini berisikan informasi mengenai perangkat apa saja yang terhubung dengan komputer atau laptop, misal Mause PS2 / USB , Keyboards PS2 atau USB dan lain sebagainya.

Ternyata, hasil diatas belum secara jelas bisa menampilkan spesifikasi komputer atau laptop sobat mazmur.id karena kita belum mengetahui berapa besar kapasitas harddisk yang kita pergunakan.

Untuk mengetahuinya ada cara paling mudah, sobat mazmur bisa langsung klik Start, Mycomputer, nanti akan muncul beberapa partisi harddisk yang ada pada komputer atau laptop sobat mazmur.id.

Spesifikasi Komputer
Spesifikasi Hardisk Komputer

Itulah cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang bisa sobat mazmur test dan coba sendiri.

Tetap kunjungi https://mazmur.id ya untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Baca Juga : Cara menghapus Aplikasi di Komputer atau Laptop