Cara mudah menghapus Theme atau Tema di WordPress

Selamat pagi sobat mazmur.id semua, semoga dalam keadaan sehat ya walau di tengah wabah virus corona atau covid-19.

Setelah beberapa waktu belakangan tim kami tidak update informasi, pada kesempatan kali ini kami akan update ilmu dasar bagaimana cara menghapus themes di wordpress.

Sebagai catatan, pembahasan cara hapus theme wordpress ini tim mazmur.id berikan dengan menggunakan self hosting dengan domain premium atau TLD.

Perlu kalian ketahui, pada saat pertama kali kita membuat website berbasis WordPress, Kita sudah mendapatkan beberapa theme default atau bawaan wordpress.

Meskipun sudah mendapatkan themes default, tentunya kita ingin membuat tampilan web yang unik serta enak dilihat agar para pengunjung betah berlama – lama di website kita.

Solusi nya tentu dengan menginstall theme premium. Salah satu tempat yang bisa kalian jadikan rujukan adalah themeforest .

Jika kita telah menginstall theme premium, tentunya kita ingin menghapus theme default wordpress agar membuat ‘kapasitas’ hosting kita sedikit lebih lega.

Yuk simak cara menghapus themes atau tema bawaan wordpress langkah demi langkah di bawah ini :

Login sebagai Administrator

Sebelum menghapus tema wordpress, pastikan kalian telah login terlebih dahulu ke dalam dashboards wordpress dengan hak akses sebagai administrator.

Menu Appearance >> Themes

Setelah berhasil login, silahkan kalian cari, pilih dan klik menu Appearance >> Themes , Untuk dashboard wordpress berbahasa indonesia ada di Tampilan >> Tema.

Menu Tampilan
Menu Tampilan

Setelah itu kalian akan di bawa ke dashbords themes yang ada pada website kalian, ada themes yang aktif dan beberapa theme bawaan wordpress.

Themes Bawaan WordPress
Themes Bawaan WordPress

Hapus Tema WordPress

Silahkan kalian pilih salah satu theme wordpress yang ingin dihapus dengan memilih dan mengklik pada theme details

Theme Details
Theme Details

Selanjutnya kalian akan di bawa kehalaman tema tersebut dan silahkan pilih dan klik menu atau tombol delete pada pojok kanan bawah.

Cara hapus tema wordpress
Cara hapus tema wordpress

Konfirmasi

Setelah kalian pilih dan klik tombol delete pada pojok kanan bawah, kalian akan mendapatkan pop up kotak dialag / pertanyaan yang menyatakan apakah kalian yakin ingin menghapus tema ini ? jika ya pilik ok dan cancel untuk membatalkan.

Klik Ok untuk meyetujui
Klik Ok untuk meyetujui

Cukup mudah bukan cara menghapus themes bawaan wordpress seperti twenty nineteen, twenty twenty dan lainnya.

Tunggu artikel cara menghapus copyright di theme wordpress pada artikel selanjutnya ya.

Baca Juga : Cara install WordPress Offline di Localhost