Cara Upgrade WordPress Otomatis Plus Plugins Pendukungnya

WordPress merupakan salah satu cms opensource yang banyak memiliki penggunanya saat ini.

Kenapa harus pakai wordpress? atau kenapa harus migrasi ke wordpress tentunya kalian pernah bertanya – tanya mengenai ini, banyak faktor yang mendasarinya, antara lain.

Komunitas Terbesar

Bisa dikatakan bahwasanya saat ini 30% website yang ada di internet menggunakan basis wordpress. Karena komunitas lah membuat wordpress menjadi sangat besar

Jutaan Theme dan Plugins

Dengan banyak nya website yang ada di internet, hal ini yang mendasari banyak para pengembang berlomba – lomba membuat theme yang superfast dan seo friendly.

Didukung dengan theme yang bereaneka ragam dan dapat di support oleh berbagai plugins sesuai dengan kebutuhan

Contoh :

  1. SEO (Yoast, All In One, RankMath)
  2. Kecepatan Situs (Litespeed, W3 Total Chache
  3. Form ( Contact Form 7, Ninja Form)
  4. Builder ( Elementor, Divi)

Tentunya masih banyak plugins yang bisa kalian manfaatkan dan belum tim mazmur.id ulas.

Namun pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara upgrade wordpress otomatis beserta plugins pendukungnya baik secara minor maupun major.

Untuk caranya, kalian dapat melihat langkah demi langkah pada artikel dibawah ini. Sebagai catatan, cara ini khusus untuk wordpress selfhost.

Cpanel

Agar wordpress update otomatis perlu mengaturnya pada cpanel, maka dari itu kalian harus login ke alamat cpanel masing – masing dengan mengakses alamat namadomain.com/cpanel. silahkan kalian isikan username dan passwordnya lalu enter.

halaman cpanel
halaman cpanel

Selain dengan mengakses halaman namadomain.com/cpanel, kalian juga bisa mengakses cpanel melalui halaman tempat kalian membeli hosting.

Jika mengakses melalui halaman registran, kalian tidak perlu menginputkan username dan password untuk mengakses halaman cpanel.

Softacolous

Setelah berhasil login, silahkan sobat mazmur mencari sub bagian / sub menu softacolous , selanjutnya pilih dan klik menu wordpress.

softaculous
softaculous

Cara update wordpress otomatis beserta pluginsnya terdapat dua metode, existing atau wordpress yang telah di install atau new / baru ingin install wordpress. Cara keduanya berbeda, silahkan simak langkahnya berikut ini.

Cara update wordpress otomatis untuk web existing / sudah berjalan.

Saya asumsikan kalian sudah memilih dan klik menu softacolous ya, silahkan kalian cari bagian current installation, di menu ini terdapat daftar website yang telah di install menggunakan wordpress, silahkan klik gambar pensil / edit.

edit wordpress
edit wordpress

Selanjutnya kalian pilih mau melakukan update otomatis secara minor atau major, themenya saja atau pluginsnya saja, atau semua nya. setelah itu silahkan save dan wordpress kalian sudah dapat update otomatis.

Cara setting update wordpress otomatis
Cara setting update wordpress otomatis

Cara setting update otomatis wordpress ketika pertama install

Pada cara ini dilakukan settingan update otomatis ketika pertama kali install wordpress. saya asumsikan kalian sudah mengklik softacolous, selanjutnya pilih install now.

Install wordpress lewat cpanel
Install wordpress lewat cpanel

Selanjutnya kalian cari menu advance options, klik tanda panahnya. Pada menu ini kalian dapat memilih mau update minor atau major, mau update theme saja, plugins saja atau semua nya. Selanjutnya klik install dan tunggu sampai proses installasi wordpress selesai.

advance options
advance options

Ok, sampai disini tutorial cara update wordpress otomatis beserta plugins nya sudah selesai. tunggu tutorial lainnya ya.

Baca Juga : Tidak dapat kirim email setelah ganti Name Server Cloudflare