Cloudflare merupakan salah satu fasilitas yang bisa kalian nikmati secara gratis dan berbayar.
Kegunaan cloudflare sendiri yang saya ketahui adalah untuk mengamankan atau menyembunyi alamat IP sebuah domain dari serangan hacker.
Berbicara penggunaan name server cloudflare , tim mazmur.id pernah mengalami kendala yang dimana email @mazmur.id tidak dapat kirim dan terima email setelah mengganti ns cloudflare.
Selidik punya selidik, ternyata ada fitur dns pada cloudflare yang settingan nya harus dirubah agar bisa kirim dan terima email kembali seperti semula atau kalian mengganti settingan POP3 dan IMAP mengikuti dari settingan cloudflare.
Kalian bisa melihat Cara mengatasi email yang tidak bisa kirim dan terima email setelah ganti name server cloudflare pada panduan di bawah ini.
Silahkan kalian login ke akun cloudflare yang kalian miliki dengan mengakses halaman https://dash.cloudflare.com/login
- Silahkan isikan username dan password yang telah kalian buat
- Ceklist cekbox Captcha (Jika ada)
- Klik Sign in atau Login.
Setelah berhasil sign in atau login, kalian akan dibawa menuju kehalaman member area.
Pada member area terdapat website atau blog yang telah kalian setting cloudflarenya. (Saya asumsikan kalian sudah melakukan pendaftaran website pada cloudflare).
- Silahkan pilih website atau blog mana yang mengalami masalah tidak dapat menerima dan kirim email.
- Pilih menu DNS
Setelah kalian memiliki menu DNS, kalian akan di hadapkan berbagai pilihan settingan, namun kita hanya akan mengatasi 2 settingan saja yang menyebabkan email tidak bisa terima dan kirim setelah ganti ns cloudflare.
Silahkan kalian Scroll kebawah dan cari :
- Type : Cname
- Name: Mail
- Content : namadomain.com
- TTL : Auto
- Proxy Status : Warna Orange
Untuk mengatasi email yang tidak bisa kirim setelah pasang cloudflare pertama, silahkan kalian non aktifkan proxy status dengan cara klik gambar yang berwarna orange menjadi abu – abu.
Selanjutnya kalian cari :
- Type : MX
- Name: namadomain.com
- Content : mail.namadomain.com
- TTL : 14400
- Proxy Status : DNS Only
Silahkan kalian ganti atau rubah pada menu content yang awalnya namadomain.com atau mx1.aradomserver.com menjadi mail.namadomain.com.
Silahkan tunggu beberapa menit untuk progagansi DNS yang baru saja dirubah.
Setelah itu silahkan buka email client kalian (outlook atau thunderbirds) dan coba kembali. Seharusnya sampai disini email sudah bisa kirim dan terima.
Cara mengatasi email yang tidak bisa terima dan kirim email setelah ganti settingan ns cloudflare ini sudah tim mazmur.id coba dan berjalan 100% tanpa adanya masalah.
Semoga informasi cara mengatasi email yang tidak bisa kirim ini dapat membantu kalian yang sedang membutuhkan.