Renungan Harian Kristen “Berkeluh – Kesah”

Kejadian ini terjadi pada sebuah gereja dimana ada seorang pendeta bernama Matt sebagai gembala sidang.

Suatu ketika setiap saat Pendeta Matt berkhotbah, Ada seorang jemaat bernama James yang selalu menambahkan suatu hal yang di anggapnya kurang tepat.

Pada awalnya Pendeta Matt menganggap hal ini adalah wajar terjadi, Namun setelah 2 tahun mendapat kritikan terus menerus saat berkhotbah, Pendeta Matt pun marah dan menanyakan “Apa maksudmu selalu mengkritik khotbah ku ? “. James pun kaget dan terperanjat sambil berkata “Maaf pak pendeta, Saya tidak bermaksud apa – apa, Saya orang Yahudi dan kami biasa memperdebatkan Alkitab. Setiap kali saya bertanya, Saya berharap bapak meyanggah saya dan terjadi dialog yang menarik. Dari situ kita bisa semakin Akrab.

Perlu sobat mazmur.id ketahui, sejak dahulu bangsa yahudi biasa berdialog terbuka dengan TUHAN maupun antar sesama. Saat berdoa, bangsa Yahudi berani menyampaikan keluh kesah , Membahas segala topik termasuk yang tidak meyenangkan, kekecewaan bahkan kemarahan.

Hal ini terbukti dalam alkitab yang bisa sobat mazmur.id lihat dari syair – syair Mazmur, Surat Ratapan, dan Doa Ayub.

Ayub mengeluhkan hidupnya yang sia – sia (Ayub 7 Ayat 1 – 7) Ia ingin segera mati (Ayub 7 Ayat 8 – 10). Ia menuduh TUHAN memberikan mimpi buruk pasa saat tidur (Ayub 7 Ayat 12 -15). Ia kecewa TUHAN membuat nya menderita, Padahal baik – baik saja (Ayub 7 Ayat 20 – 21). Namun tidak semua perkataan Ayub benar dan TUHAN menegur kata – katanya yang “tidak berpengetahuan” (Ayub 38 Ayat 2). Namun keluh kesahnya di dengar karena Ayub dengan jujur mencurahkan isi hati nya dan menghadapi kekecewaan dengan cara yang sehat dan Ia tidak membenci TUHAN atau melukai dirinya sendiri.

Dari sepenggal kisah Ayub kita bisa mengambil pelajaran apakah sobat mazmur.id kecewa kepada TUHAN, Gereja atau Sesama ? dari pada sobat mazmur.id bersungut – sungut kepada manusia, lebih baik curahkan semuanya kepada TUHAN dalam doa. Karena Bapa di Surga tahu kegundahan dan permasalahan yang sedang sobat mazmur.id sedang alami, Dia akan menghibur sekaligus menegur cara pandang sobat mazmur.id yang keliru. Damai pun akan kembali menghiasi kehidupan Sobat mazmur.id.

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Berkeluh kesah tidaklah salah, Asal disampaikan kepada TUHAN

Baca Juga : Renungan Harian Kristen “TIDAK TERLELAH”