Tips Cara menambahkan subdomain pada cloudflare

Halo sobat mazmur.id , pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi cara menambahkan subdomain pada cloudflare.

Saya rasa kalian yang biasa ngeblog sudah paham apa itu cloudflare serta apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan cloudflare.

Di kesempatan kali ini tim mazmur.id asumsikan blog atau website kalian sudah menggunakan fitur dari cloudflare baik itu cloudflare gratisan maupun cloudflare berbayar.

Meskipun sudah banyak yang menggunakan cloudflare pada website utama, banyak juga yang bingung bagaimana menambahkan cloudflare pada subdomain.

Seperti sobat mazmur.id yang berasal dari jepara yang memiliki usaha kursi tamu minimalis , dia bingung kenapa website utama online tetapi subdomain offline setelah menambahkan cloudflare.

Dengan sedikit bantuan dari saya, akhirnya subdomain website nya sudah online kembali dan dapat di akses dari manapun.

Berdasarkan pengalaman inilah tim mazmur.id berencana membuat artikel tutorial cara menambahkan subdomain di cloudflare atau bahas keren nya Cloudflare Adding Subdomain.

Cloudflare

Langkah pertama adalah dengan mengasses cloudflare pada alamat https://www.cloudflare.com/ , lalu silahkan login menggunakan user dan password yang telah kalian buat.

Cloudflare login
Cloudflare login

Setelah berhasil, kalian akan di tampilkan halaman dashboard cloudflare, pada halaman ini terdapat domain kalian yang telah di setting cloudflare sebelumnya.

Silahkan pilih salah satu domain yang ingin di tambahkan cloudflare nya pada subdomain, sebagai contoh disini kami menggunakan blog atau website mazmur.id.

Pilih domain utama
Pilih domain utama

Setelah kalian pilih dan klik, kalian akan di bawa ke halaman informasi cloudflare domain utama, silahkan kalian pilih dan klik menu DNS.

Pilih menu DNS
Pilih menu DNS

Pada menu ini terdapat settingan domain utama (mazmur.id) berupa A records, NS, TXT dan lain sebagainya. Silahkan kalian tambahkan A records dengan mengklik tombol +Add record

buat a record
buat a record
  1. Pilih A Record Pada Type
  2. Isikan Alamat Subdomain pada Name
  3. Isikan IP Server pada IPv4 Address
  4. Biarkan Auto pada TTL
  5. Save

Sampai disini menambahkan cloudflare pada subdomain sudah selesai.

Jika subdomain masih offline atau tidak dapat diakses, Mungkin karena masih mengalami propagansi DNS.

Baca Juga : Tidak dapat terima email setelah ganti NS Cloudflare