TUHAN Memberkati Pernikahan

Ringkasan Khotbah GBI PRJ – Selamat pagi sobat mazmur, Pada hari ini tim mazmur.id akan memberikan informasi seputar ringkasan Khotbah Kebaktian ke 3 di GBI PRJ Pluit tanggal 24 Maret 2019  yang disampaikan oleh Pdt. Agus Lutan.

Supaya sobat mazmur tidak penasaran dengan ringkasan khotbah dengan Judul “TUHAN Memberkati Pernikaham” , sobat mazmur dapat membacanya pada artikel dibawah ini :

Di Yohanes 2:1-11 tertulis tentang peristiwa mukjizat pada acara pernikahan di Kana yang di Galilea. Kalau kita pelajari kitab Yohanes, ada sekitar tujuh mukjizat yang dilakukan Tuhan Yesus yang dicatat oleh Yohanes, salah satunya yaitu peristiwa tersebut. Tetapi m asih banyak mukjizat yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Demikian juga setiap pengalaman & kesaksian rohani masing – masing orang.

DUA HAL YANG BISA KITA PELAJARI DARI PERISTIWA DI KANA

1. Pernikahan itu Spesial di Mata Tuhan.

Mengapa Yesus melakukan mukjizat pertama -Nya bukan di bait Allah atau suatu tempat yang besar dan luas, melainkan di sebuah pesta pernikahan? Tuhan sangat cinta, mengasihi, dan memberkati sebuah pernikahan. Alkitab pun paling banyak mencatat tentang pernikahan, bahkan dari kitab Kejadian tentang Adam dan Hawa, hingga kitab Wahyu, yaitu kita sebagai mempelai Kristus. Sebab itu, Iblis sa ngat benci & sangat tidak suka pernikahan, ia ingin menghancurkan pernikahan! Serangan Iblis bertubi – tubi terhadap pernikahan.

Mengapa Tuhan Sayang, Cinta, & Memberkati Pernikahan :

  • Karena pernikahan adalah ide, desain, dan inisiatifnya Tuhan sendiri. Pri a butuh penolong, yaitu wanita sebagai istri. Karena itu, biasanya wanita lebih kuat sebagai istri, pribadi yang menolong kaum pria sebagai suami. Pria (suami) tidak boleh menjajah wanita (istri), demikian juga sebaliknya. Mereka berdua adalah kawan sekerja dalam ladang Tuhan.
  • Karena pernikahan adalah gambaran hubungan Kristus dengan jemaat. Kita tidak akan mengerti hubungan antara Kristus dengan jemaat kalau tidak mempraktikkannya dalam pernikahan. Komitmen artinya join together, stick together, tetap bersama apa pun yang terjadi! Kenapa pernikahan bisa langgeng, bukan karena sempurna, hebat, dan luar biasa, sebab manusia tidak sempurna, tapi karena mereka punya komitmen yang mengikat & menyatukan, tetap bertahan di musim apa pun yang terjadi dalam pernik ahan kita. Dalam pernikahan ada suka dan duka, sehat dan sakit, dan kita sudah janji di hadapan Tuhan untuk tetap saling setia dalam keadaan senang maupun susah, sehat maupun sakit, miskin maupun kaya. Pernikahan yang punya komitmen akan tetap pulang ke rumah meski tidak ingin pulang! Demikian pula komitmen dalam hal lainnya. Our God is God of commitment, Tuhan kita adalah Tuhan yang mencintai dan menghargai komitmen. Dia benci perceraian karena merusak komitmen yang merupakan suatu ikatan janji. Milikilah komitmen. Pria sebagai suami jangan diktator, melainkan harus mengasihi tanpa syarat dan apa adanya. Wanita sebagai istri mesti tunduk kepada suami, sebab suami ialah pemimpin, kepala, dan raja. Sebab wanita memiliki keinginan untuk posesif dan menguasai.

2. Mujizat yang Terbesar adalah Perubahan

Mengapa mukjizat pertama Yesus, yaitu mengubah air menjadi anggur, sesuatu yang sepertinya biasa – biasa saja, bukannya berjalan di atas air, membangkitkan orang mati, dan lain – lain?
  • Karena bagi Tuhan, mukjizat yang terpenting bukan kesembuhan, berkat berlimpah – limpah, tetapi mukjizat terpenting bagi Tuhan adalah perubahan! Banyak orang fokus pada berkat, kesembuhan, hal spektakular, padahal mukjizat terpenting dalam hidup kita adalah PERUBAHAN (transformative miracle)! Kiranya hari ini terjadi perubahan dalam hidup kita. Perubahan itulah yang paling penting, perubahan dalam hati kita. Tuhan bukan memberkati karena penampilan dan paras kita, tetapi karena hati kita. Perubahan harus dimulai dari dalam hati kita. Tuhan bukan memberkati apa yang kita lakukan, tetapi mengapa kita melakukannya, yaitu motivasi hati kita lebih penting dari pada apa yang kita lakukan. Banyak orang pun melayani Tuhan karena hobi, bukannya karena cinta Tuhan. Padahal kita berarti dan berharga karena kita miliknya Tuhan.
  • Belajarlah berubah, milikilah hati yang lebih lembut. Kalau kita tidak mau ditegur, sering mau membalas, maka kita itu sebenarnya masih sombong. Kiranya Tuhan pun mengubah sikap dan karakter kita. Dia sanggup membalikkan hidup Anda. Mana lebih mahal, air atau anggur? Anggur. Hidup & pernikahan kita ibarat air, tetapi Tuhan sanggup ubahkan jadi anggur manis yang berharga & berguna bagi banyak orang. Pertobatan (metanoia) adalah perubahan dalam hidup & cara berpikir. Banyak orang yang berbuat salah, lalu hanya menyesal, tetapi menyesal tidak akan membawa perubahan. Tetapi orang yang bertobat, berbalik 180 derajat, pasti berubah!

Apa Yang Menggerakkan Tuhan Melakukan Mukjizat Dalam Hidup Kita

  1. Masalah: masalah bisa menciptakan mukjizat. Problems can create miracles. Apa y ang kurang atau defisit dalam hidupmu? Di tengah – tengah masalah itu, Tuhan sanggup mengadakan mukjizat! Apa yang tidak berarti, di tangan Tuhan bisa menjadi berarti. Yesus bisa atasi & selesaikan masalah kita
  2. Waktunya Tuhan: Allah tidak bekerja dalam waktu kita, tetapi dalam waktu-Nya. Tuhan yang atur waktunya. Jangan kehilangan momen kesempatan Tuhan.
  3. Mengikuti instruksinya Tuhan: banyak orang suka mendengar firman & suara Tuhan, tetapi tidak melakukan, padahal melakukannyalah yang mendatangkan mukjizat.

Baca Juga : Your Character Is Your Destiny