YOUR CHARACTER IS YOUR DESTINY

Ringkasan Khotbah GBI PRJ Pluit“YOUR CHARACTER IS YOUR DESTINY”. Merupakan tema yang diangkat pada khotbah GBI PRJ Pluit yang disampaikan oleh Pdm. Roy R. Tanudjaja, M.Sc.

Berikut rangkuman khotbah GBI PRJ Pluit Hari Minggu 17 Maret 2019 :

Sebab semua orang yang dipilih – Nya dari semula, mereka juga ditentukan – Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak – Nya, supaya Ia, Anak  Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.(Roma 8:29-30)

Karakter akan menentukan kita kemana kita akan berada. Namun apakah sobat mazmur tahu apa itu karakter ?

Karakter adalah :

  • Tabiat/Watak
  • Sifat – sifat Kejiwaaan
  • Kepribadian
  • Sifat Khas yang dimiliki oleh individu yang membedakan dari individu lainnya.

Unsur apa  saja yang Membentuk Karakter itu :

  1. Unsur Hereditas yaitu Penurunan dan Pengaruh Sifat Genetik dari orang tua ke anak
  2. Unsur Lingkungan Yaitu Pengaruh Lingkungan
  3. Unsur Kebiasaan Gaya Hidup

Karakter apakah yang akan kita Bangun dalam Hidup kita ?

Integritas

Celakalah kamu, hai ahli – ahli Taurat dan orang – orang Farisi, hai kamu orang – orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran. Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan. (Matius 23:27-28 ) Sikap Utuh apa adanya dan memiliki sikap yang tidak mendua. Apa yang didalam harus sama dengan apa yang diluar. Tidak  munafik, bermuka dua bahkan memakai Topeng. Apa yang ada dalam pikiran, hati, perkataan dan perbuatan semuanya sama.

Integritas Iman :

Kesatuan antara hati yang percaya dan dengan mulut mengaku dengan tindakan Iman

Integritas Diri :

Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal – hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati. (Mat. 12:34) Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak – dalik dari padamu. (Amsal 4:23 – 24 )

Tetaplah Rendah Hati

Ketahuilah bahwa pada hari – hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! (2 Timotius 3:1-5).Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan. (Amsal 22:4) Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan. (Amsal 18:12) Jagalah hati dan tetaplah rendah hati dimanapun kita berada, kapanpun dan saat apapun dalam hidup kita.

Lepaskan Pengampunan

Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (Matius 6:12,14 – 15 ).

Lepaskan Pengampunan bagi siapapun yang menyakiti hati kita dan lepaskanlah berkat bagi yang menyakiti kita. Jangan menyimpaan iri, dengki, dendam dan kepahitan kepada orang lain, lepaskanlah semua beban dosa yang mengikat kita dan Milikilah Karakter Kristus dalam hidup kita ketika Yesus disalibkan dan Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” (Lukas 23:34a).

 

Baca Juga : Ringkasan Khotbah GBI PRJ “Dari yang biasa menjadi luar Biasa”