Bolehkah wanita hamil berpuasa menurut agama Islam

Hukum wanita hamil berpuasa – Berbicara soal wanita terutama kesempurnaan maka setiap wanita yang menikah menginginkan anak atau keturunan sebagai pelengkapnya. Jika seorang wanita sudah menjadi ibu,maka perasaan mereka akan lengkap dan tentu saja menyenangkan. Untuk itu tujuan semua wanita setelah menikah merubah status menjadi seorang ibu khususnya ibu hamil.

menu sehat untuk berbuka puasa
menu sehat untuk berbuka puasa

Ketika Sobat mazmur hamil, maka  membutuhkan nutrisi yang sangat tinggi. Hal ini jelas membutuhkan asupan gizi yang tinggi dan juga rutin. selain itu gizi bisa membantu ibu hamil agar tetap sehat dan janin yang ada dalam kandungan ternutrisi dengan baik. perkembangan janin sangat tergantung bagaimana sang ibu menjaga anak dalam kandungannya.

Ramadhan dan Hamil

Maka hal ini akan berkaitan dengan bagaimana ibu hamil melakukan puasa ? puasa khususnya di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat islam yang sudah baligh ataupun sudah dewasa. Termasuk mereka yang sedang hamil. Ramadhan hanya tidak bisa dilakukan ketika seorang wanita mengalami menstruasi dan wajib menggantinya setelah menstruasi selesai.

Namun, harus sobat mazmur ketahui bahwa seorang ibu hamil berhenti melakukan menstruasi karena semua gizi yang ada beralih ke janin. Hal ini menjadikan sobat mazmur  yang sedang hamil dengan usia janin berapapun pasti akan melalui puasa untuk bisa menjalankan ibadah yang diberikan dan wajib dilakukan untuk mendapat pahala serta menghilangkan dosa yang ada.

“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Quran surat Al-Baqarah 184)

Ayat ini menjelaskan bahwa dalam berpuasa sobat mazmur diperbolehkan untuk tidak melakukan puasa jika tidak kuat. Sebenarnya hamil bukanlah dalam perjalanan ataupun sakit. Namun Allah telah menjelaskan bahwa sobat mazmur bisa saja menyelesaikan apa yang dirasa tidak terlalu kuat asalkan sobat mazmur bisa membayar fidyah ataupun kebutuhan yang ada.

Memaksa Berpuasa

Ada sebagian ibu yang memang memaksakan diri bahwa mereka akan berpuasa untuk menunaikan ibadah. Padahal ibu dan wanita menyusui bisa saja membutuhkan asupan untuk buah hati dan akhirnya mengalami masalah. Kesanggupan dan juga batasan yang tahu hanyalah sobat mazmur, sebaiknya seorang ibu juga menggunakan akal dan pikirannya serta hatinya untuk menjadi bijak dan memutuskan dengan benar apakah mereka harus berpuasa atau tidak. Imam Nawawi mengatakan berdasarkan pendapat pada ulama Syafi’i yang tertulis dalam Al-Majmu: 6/177:

“Para sahabat kami (ulama Syafi’iyah) mengatakan, ‘Orang yang hamil dan menyusui, apabila keduanya khawatir dengan puasanya dapat membahayakan dirinya, maka dia berbuka dan meng-qadha. Tidak ada fidyah karena dia seperti orang yang sakit dan semua ini tidak ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah). Apabila orang yang hamil dan menyusui khawatir dengan puasanya akan membahayakan dirinya dan anaknya, maka sedemikian pula (hendaklah) dia berbuka dan meng-qadha, tanpa ada perselisihan (di antara Syafi’iyyah)’.”

Tips Puasa yang aman untuk Ibu Hamil

Bagi sobat mazmur yang sedang hamil namun tetap ingin menunaikan ibadah dan berpuasa tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada deretan tips hamil aman meskipun sobat mazmur berpuasa panjang. Diantaranya adalah :

  1. Air Minum

Hindari minuman manis dan es saat sahur ataupun buka puasa. Meskipun menyegarkan namun tubuh sobat mazmur akan berubah suhu tubuhnya dan akan berpengaruh pada si janin. Untuk itu ganti minuman dengan air putih bersuhu ruangan saja setiap ada kesempatan sobat mazmur  minum. Mulai dari saat berbuka maupun ketika sobat mazmur sahur. Agar sobat mazmur  tidak merasa kelelahan atau kehausan saat berpuasa.

  1. Serat

Selanjutnya hal yang bisa sobat mazmur lakukan saat berpuasa dan hamil adalah mengkonsumsi buah- buahan dan sayur. Semua makanan tersebut kaya akan serat, sehingga kandungan karbohidrat kompleks bisa berjalan dengan baik dalam tubuh dan mengalir ke janin. Disisi lain, dengan mengkonsumsi makanan berserat layaknya sayuran dan buah-buahan untuk melancarkan BAB selama berpuasa. Bagi ibu hamil, BAB yang tidak lancar bisa menyebabkan gangguan wasir yang umum sekali terjadi pada ibu hamil.

  1. Pilih makanan

Tips selanjutnya yang bisa sobat mazmur lakukan adalah memilih makanan. Mungkin saat sobat mazmur melihat berbagai makanan yang menggoda, sobat mazmur akan langsung menyantapnya. Namun harus sobat mazmur ketahui bahwa menu buka puasa ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Usahakan untuk dapat menyantap makanan secara perlahan, misalnya kurma dan buah-buahan. Setelah perut sudah terbiasa terisi dan juga sobat mazmur sudah bisa bergerak secara tenang. Barulah mengisi makanan yang agak berat.

  1. Istirahat

Ibu hamil akan terasa lemas dan juga mudah kelelahan. Hal ini menjadikan sobat mazmur yang berpuasa harus bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Istirahat bisa jadi bukan hanya tidur, misalnya jika sudah merasa lelah rebahkan tubuh sobat mazmur agar tetap tenang dan juga tidak tertekan. Jika sudah lelah dan merasa tidak kuat sobat mazmur bisa tidur untuk mengisi energi. Disisi lain, jangan lakukan pekerjaan berat yang membebani dan menguras energi sobat mazmur saat berpuasa.

Itulah pembahasan lengkap mengenai bagaimana ibu hamil berpuasa dalam Islam. Sebenarnya hukum tidak memberatkan selama sobat mazmur bisa mengaturnya dengan baik maka tidak akan terjadi banyak masalah dan puasa serta kehamilan dapat berjalan secara lancar.

Baca Juga : Apakah wanita gendut susah untuk hamil ?
mazmur.id

mazmur.id dibuat untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat mazmur