Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi – Penyakit pada gigi merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Di mana gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, karena dapat membantu sobat mazmur mengkonsumsi dan mengunyah makanan. Seringkali masalah yang timbul pada gigi menimbulkan rasa sakit yang sangat amat dan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

Karang gigi atau kalkulus gigi salah satu yang dapat merusak hari gigi sobat mazmur  dan akhirnya merusak penampilan. Bagi sobat mazmur yang belum paham, karang gigi merupakan plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan akhirnya menyebabkan iritasi yang tentu menimbulkan bahaya di kedepannya. Karang gigi dapat terjadi lebih luas pada area gigi dan juga berkembang. Sehingga hal ini menyebabkan penyakit dan lebih parah lagi, seperti halnya radang pada gusi.

Selain merugikan bagi kesehatan karang gigi juga tentu menimbulkan rasa kurang percaya diri dan menyebabkan bau mulut. Namun tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini ada beberapa cara membersihkan karang gigi dengan bahan herbal, yang bisa sobat mazmur lakukan dan tidak menimbulkan efek samping :

Faktor Munculnya Karang Gigi

Berbicara soal factor, sebenarnya karang gigi dapat disebabkan oleh berbagai factor. Namun yang paling sering terjadi adalah konsumsi alkohol dan juga rokok. Rokok merupakan faktor pertama yang bisa sobat mazmur deteksi ketika mengalami karang gigi. Harus sobat mazmur ketahui, bahwa rokok dan juga alkohol dapat menimbulkan berbagai kerusakan dalam tubuh dan salah satunya pada bagi. Rokok sendiri mengandung zat-zat yang berbahaya yang dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker paru-paru dan juga penyakit mematikan lainnya. Sayangnya hal pertama yang akan muncul setelah sobat mazmur mencoba merokok adalah karang gigi yang akan sulit dibersihkan. Baik menggunakan bahan-bahan alami atau bahan herbal, semua tidak bisa dilakukan dan dapat merusak gigi lain yang justru sehat.  Untuk itu usahakan untuk hindari rokok atau bahkan jika perlu sobat mazmur menghentikannya.

Cara membersihkan karang gigi dengan bahan Herbal

  1. Daun sirih

Cara menghilangkan karang gigi dengan daun sirih

Cara menghilangkan karang gigi dengan daun sirih

Daun sirih merupakan bahan herbal pertama yang dapat membantu sobat mazmur mengatasi karang gigi . Mungkin sobat mazmur pernah melihat nenek atau kakek ataupun orang tua yang sedang mengunyah daun sirih dan juga memberikan warna agak kemerahan ketika mereka mengunyahnya. hal ini digunakan untuk mengatasi karang gigi dan menghilangkan bau mulut. Sobat mazmur bisa mengatasi karang gigi yang sobat mazmur miliki dengan daun sirih. Tanaman ini mudah ditemukan dan juga tidak menimbulkan efek samping jika sobat mazmur menggunakannya .

  1. Kulit jeruk

cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk

cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk

Bahan herbal selanjutnya yang dapat membantu sobat mazmurmembersihkan karang gigi atau menghilangkannya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Cara ini memang terkenal tradisional, namun banyak masyarakat zaman dulu menggunakan kulit jeruk untuk membantu membersihkan karang gigi yang ada akibat berbagai factor. Cara sederhana ini sangat mudah dilakukan dan dapat menggunakan kulit jeruk dengan jenis yang beragam. Sobat mazmur bisa mengambil kulit jeruk kemudian menggunakan bagian dalamnya yang tentunya mengandung vitamin serta nutrisi, yang dapat membantu mengatasi masalah sobat mazmur lakukan secara rutin setiap hari agar lebih maksimal.

  1. Garam

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

Cara selanjutnya yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menghilangkan karang gigi, terutama jika karang gigi tersebut masuk dalam kategori ringan adalah dengan menggunakan garam. Cara ini dipercaya dapat membersihkan berbagai bakteri dan juga kuman yang ada pada gigi. Sehingga gigi tidak akan menebal dan juga menyebabkan masalah. Cara membersihkan karang gigi dengan garam sangat mudah,  sobat mazmur tinggal melarutkan garam pada air hangat. Kemudian sobat mazmur menggunakannya untuk berkumur-kumur setiap pagi dan juga malam. Bahkan beberapa orang menggunakan garam untuk menyikat gigi berbarengan dengan pasta gigi. Sehingga karang gigi dapat lepas dan juga bisa kembali bersih.

  1. Baking soda

cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda

cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membuat kue, khususnya untuk mengembangkan kue. Namun siapa sangka baking soda memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah membersihkan bakteri atau noda yang sudah mengeras. Sehingga kinerja dari baking soda ini sangat cocok untuk menghilangkan karang gigi yang ada pada mulut atau gigi sobat mazmur. Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda sangatlah mudah,sobat mazmur tinggal membuat baking soda dicampur kan dengan air seperti pasta. Kemudian menggosokkannya ke seluruh gigi yang terdapat karang dengan perlahan dan juga rutin dilakukan sebanyak seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

  1. Buah dan Sayur

cara menghilangkan karang gigi dengan sayur dan buah

cara menghilangkan karang gigi dengan sayur dan buah

Buah dan sayur mungkin masuk ke dalam kategori bahan alami yang dapat mengatasi karang gigi. Namun dengan mengkonsumsi buah dan sayur, sobat mazmur bisa mengurangi karang gigi yang terjadi pada mulut sobat mazmur. Buah dan sayur mengandung vitamin dan juga serat sehingga mencegah makanan untuk menempel dan juga menimbulkan kerak pada gigi. Di sisi lain buah dan sayur juga dapat membantu sobat mazmur untuk lebih kuat dan juga nutrisi. Baiknya sobat mazmur mengkonsumsi buah-buahan seperti halnya apel ataupun melon untuk membantu menyehatkan gigi sobat mazmur, sehingga mencegah karang gigi dapat tumbuh.

Itulah deretan cara dan tips bahan alami yang bisa sobat mazmur manfaatkan untuk membantu menghilangkan karang gigi yang terjadi pada mulut. Memang tidak mudah menghilangkan karang gigi terutama yang sudah parah dan juga sudah mengeras sejak lama. Baiknya sobat mazmur menjaga kesehatan mulut sobat mazmur dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga rutin sikat gigi. Serta menghindari makanan yang berlemak dan juga berminyak.

Baca Juga : Manfaat daun Kelor yang belum banyak di ketahui