Meskipun Pahit, Ini Lho Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat daun pepaya –  Pepaya merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di area tropis, salah satunya di Indonesia. Buah ini memang terkenal akan rasanya yang manis, dan juga dapat memberikan manfaat yang sangat banyak pada tubuh. Buah pepaya sendiri merupakan salah satu buah yang aman dan dapat dikonsumsi oleh sobat mazmur memiliki berbagai penyakit. Karena buah pepaya tidak mengandung gas seperti halnya durian atau nangka dan juga tidak berbahaya. Bagi sobat mazmur yang memiliki penyakit lambung.

manfaat daun pepaya untuk ibu hamil

manfaat daun pepaya untuk ibu hamil

Tahukah sobat mazmur, selain buahnya ada juga bisa memanfaatkan daunnya sebagai salah satu obat atau makanan yang umumnya dikonsumsi sehari-hari. Daun pepaya memang terkenal rasanya yang sangat pahit, tidak seperti daun singkong. Namun dibalik rasanya yang pahit daun pepaya menyimpan berbagai manfaat yang dapat sobat mazmur ambil dan berikan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

  1. Imunitas

Manfaat daun pepaya pertama yang bisa sobat mazmur rasakan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas.  Selain buahnya yang dapat membantu melancarkan buang air besar, dan Pepaya juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga sobat mazmur tidak mudah terserang infeksi virus ataupun bakteri. Di sisi lain jika sobat mazmur hobi atau senang mengkonsumsi daun pepaya maka dapat membantu meregenerasi sel-sel darah putih dan trombosit akan naik secara alami. Hal ini akan berdampak pada tubuh yang sangat sehat dan juga kebal terhadap berbagai penyakit umumnya penyakit menular.

  1. Anti kanker

Kanker merupakan salah satu masalah yang banyak terjadi di zaman modern ini. Di mana gaya hidup dan juga pola hidup yang tidak sehat. Berbagai alasan ini menjadi faktor yang paling besar, mengapa banyak orang mengalami kanker. Namun perlu sobat mazmur ketahui bahwa dengan mengkonsumsi daun pepaya secara rutin, maka sobat mazmur bisa menghindari sel kanker yang tumbuh pada tubuh dan timbu. Di sisi lain daun Pepaya juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat melindungi sel. Sehingga tetap sehat. Studi penelitian dalam jurnal etnofarmakologi menyatakan bahwa jus daun pepaya bisa melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh serta penyakit kronis lainnya.

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Ketika seorang wanita harus mengalami periodenya atau menstruasi, pasti akan terasa sangat sakit, lelah, mudah pegal dan lain sebagainya. Namun dengan daun pepaya ini sobat mazmur bisa meredakan rasa sakit ketika menstruasi, khususnya sobat mazmur yang belum menikah. Masalah perempuan yang satu ini memang bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Sehingga tidak berdampak pada kesehatan ovarium atau rahim sobat mazmur. Bila sobat mazmur ingin mengambil manfaatnya, rebus 3 lembar daun pepaya dengan dua cangkir kecil air putih, kemudian tambahkan asam jawa agar tidak terlalu pahit dan minum selama menstruasi ada.

Anti Malaria

Nyatanya daun pepaya dapat membantu mengatasi penyakit yang paling ditakutkan oleh masyarakat, yang tinggal di area kebun ataupun hutan. Di mana malaria atau nyamuk Malaria merupakan salah satu nyamuk menakutkan, yang dapat menyebabkan kematian. Namun daun pepaya telah ditemukan memiliki sifat antimalarial. Sehingga bagian yang mengkonsumsinya secara rutin dapat mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

  1. Mencegah katarak

Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Di mana katarak ini mengganggu pandangan sobat mazmur. Sehingga menjadi rabun, dan sulit untuk melihat. Di sisi lain katarak berbeda dengan mata minus atau plus yang dapat menggunakan bantuan kacamata untuk mengobati. Sobat mazmur harus melewati operasi dan juga pembedahan. Namun bagi sobat mazmur yang ingin menghindari katarak khususnya yang memiliki keturunan. Ada baiknya mengkonsumsi daun pepaya karena dapat mencegah penyakit katarak yang terjadi dan disebabkan oleh berbagai factor.

  1. Emfisema

Apa itu Emfisema ? Emfisema merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian pernafasan Sobat mazmur khususnya paru-paru di mana emfisema ini dapat terjadi karena berbagai faktor mulai dari lingkungan yang tidak sehat merokok minum alkohol serta hal lainnya emphysema juga dapat terjadi jika sobat mazmur kekurangan vitamin D namun dengan mengkonsumsi daun pepaya secara rutin sobat mazmur sudah mendapatkan nutrisi vitamin D yang sangat cukup dari bahan alam ini sehingga dapat mencegah emfisema terjadi pada pernapasan sobat mazmur selain itu dan Pepaya juga dipercaya dapat membersihkan paru-paru yang tidak sehat

  1. Mengatasi jerawat

Jika sobat mazmur memiliki masalah pada jerawat, khususnya di bagian wajah dan juga tubuh. Maka sobat mazmur tidak perlu khawatir karena daun pepaya dapat mengatasi masalah tersebut. Di mana daun pepaya ini sangat bagus untuk menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh bakteri atau kuman yang membandel. Hal ini sangat efektif dan juga bisa sobat mazmur lakukan secara mudah dirumah. Caranya ambil daun pepaya muda dan keringkan daun tersebut, kemudian blender daun pepaya dan buat menjadi pasta. Setelah itu gunakan sebagai masker dan didiamkan selama 10 hingga 30 menit. Jika sudah sobat mazmur bisa memilih menggunakan air hangat dan bisa melakukan atau menguranginya selama satu minggu 4 kali untuk hasil yang maksimal.

  1. Menghambat bakteri

Manfaat terakhir yang bisa sobat mazmur rasakan dari daun pepaya adalah membantu menghambat bakteri. Daun pepaya juga diketahui memiliki lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, layaknya cacing, parasite, bakteri, bahkan hingga jamur dan sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya merupakan salah satu obat herbal yang dapat menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Di sisi lain pertumbuhan bakteri juga akan terhambat dan sobat mazmur tidak akan mudah sakit.

Baca Juga : Manfaat ikan bawal hitam untuk ibu hamil