Bagaimana Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Halo sobat mazmur semua, pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit tips cara mengatasi anak terlambat bicara.

Informasi ini tim mazmur.id dapatkan karena ada beberapa pertanyaan dari salah satu group yang kami ikuti. yuk di simak selengkapnya.

Pertanyaan :

Pagi Bun, Kenapa ya Anak saya sudah umur 2 tahun belum juga lancar bicara ? Padahal sudah mengikuti terapi bicara

Berdasarkarkan pertanyaan tersebut, tim mazmur.id mencoba bertanya kesalahsatu dokter spesialis (Teman) mengenai penyebab anak terlambat bicara, berikut jawabannya.

Jawab :

Pada usia tersebut, seharus anak sudah mulai mengerti pembicaraan orang dewasa sekitar 60% sampai dengan 80% dengan daya tangkap kosakata kurang lebih 200 kosakata.

Anak dapat membuat kalimat yang terdiri dari 3 sampai 4 buah kata. Serta menggunakan kata tanya dan perintah. Saran saya ada baiknya untuk melakukan pengeccekan pendengaran (THT) selanjutnya dengan terapi bicara.

Dalam mengatasi anak terlambat bicara, dibutuhkan kesabaran, karena perbaikan berbahasa anak tidak cukup terlihat dalam waktu sebulan dua bulan. Hal ini harus dibarengi dengan latihan berbicara dirumah dengan orang tua.

Iulah sedikit jawaban yang tim mazmur.id dapatkan dari sesi sharing dengan teman yang berprofesi sebagai dokter spesialis.

Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit informasi cara mengatasi anak terlambat bicara.

Baca Juga : Jadwal Praktek Dokter Spesialis Anak Bali Royal Hospital