Tak Ingin Terserang Flu di Musim Hujan? Anda Wajib Makan Ini

obat flu batuk dan meriang
obat flu batuk dan meriang

Musim hujan telah tiba. Inilah saat dimana virus flu asyik berpesta. Anda jangan mau kalah, siapkan diri dengan….pergi ke supermarket! Tidak, Anda tidak salah baca. Anda pergi ke supermarket bukan untuk membeli obat flu batuk dan meriang yang bebas berjejer di rak supermarket, tapi untuk memilih makanan sebagai senjata ketika virus flu mulai menyerang.

‘’Ada nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kita harus memasukkan jenis makanan itu ke dalam daftar konsumsi makanan kita,’’ jelas Elsan M.Haas, M.D., Penulis buku Ultimate Immunity. Ketika Anda mulai merasa seperti zombie karena flu, atau hanya sekadar khawatir akan serangan virus flu, segera konsumsi makanan yang memperkuat sistem imunitas tubuh Anda.

Kerang

Kekurangan mineral seng bisa menyebabkan sel-sel imunitas menjadi kurang responsif seperti dilansir sebuah penelitian tentang Molecular Nutrition & Food tahun 2015. Untuk memastikan Anda mendapatkan kandungan mineral seng yang cukup di dalam tubuh, makanlah salah satu dari jenis kerang-kerangan yang dimasak matang atau Anda bisa memakannya dalam kondisi mentah. Mengonsumsi kerang-kerangan akan memenuhi kebutuhan seng harian Anda. Anda tidak suka kerang? Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi setengah gelas gandum saat makan pagi.

Edamame

Di kios sushi atau di supermarket, makanan berukuran kecil ini memberikan setengah dosis omega dan asam lemak yang bisa mengurangi peradangan dan sangat membantu pencegahan penyakit seperti Alzheimer dan depresi.

Bawang Putih

Jenis bumbu ini memang menyebabkan bau tidak enak pada napas, tapi bawang putih bisa membasmi kuman. Berdasarkan data yang dipublikasikan di Applied Microbiology and Biotechnology, penyebab aroma kuat bawang putih yang disebut allium sativum mengandung antivirus dan antibakteri.

Pepaya

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini mampu menstimulasi antibodi dan melawan infeksi (dari kandungan vitamin A di dalamnya). Ditambah lagi, pada sebuah studi pada hewan, peneliti menemukan pepaya mampu mendorong produksi sel T yang mampu mengontrol peradangan.

Jamur Shitake

Mengonsumsi jamur shitake sekali sehari mampu mengurangi tingkat protein  penyebab peradangan dan meningkatkan fungsi sel T gamma delta yang menguatkan kekebalan tubuh, seperti ditunjukkan dalam studi di Universitas Florida.

Kacang Brasil

Kenalkan bintang baru dalam kacang campuran kalengan! Kacang brazil ini menjadi salah satu jenis makanan yang paling tinggi kandungan selenium, sejenis antioksidan yang dibutuhkan hampir di seluruh fungsi kekebalan tubuh sesuai keterangan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Makan satu jenis kacang dan tugas Anda selesai, semua yang dibutuhkan dalam sehari terpenuhi.

Itulah beberapa makanan yang bisa diandalkan agar tidak mudah terserang flu dan batuk serta meriang ketika musim hujan. Tetap kunjungi mazmur.id untuk mendapatkan informasi lainnya. Tuhan Memberkati

Baca Juga : cara membuat handsanitizer sendiri