Tips Aman Bersepeda Agar Lutut Tidak Cedera

Tips Aman Bersepeda Agar Lutut Tidak Cedera
Tips Aman Bersepeda Agar Lutut Tidak Cedera

Bersepeda memang menyehatkan dan Menyenangkan. Namun, bila dilakukan setiap hari dapat mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Pada kesempatan kali ini tim mazmur.id akan memberikan sedikit tips aman bersepeda agar lutut tidak cedera.

dr. Michael Triangto, MS, SpKO, menganjurkan bahwa bersepeda maksimal enam hari dalam seminggu, dengan lama latihan masing-masing sedikitnya setengah jam. Agar lutut tak cedera, Michael memberikan beberapa tips aman bersepeda.

Siapkan fisik

Pengendara sepeda seringkali beranggapan bahwa olahraga mereka cukup dengan bersepeda. Nyatanya, pesepeda juga perlu melatih kekuatan otot untuk menghindari cidera.

Yang perlu dilatih adalah otot paha, betis, pinggang, perut, pergelangan tangan dan jari-jari. Sit-up dan back-up sangat dianjurkan, sedangkan melatih kekuatan menggeggam dapat membebaskan Anda dari jari-jemari yang kaku.

Gear yang nyaman

Atur jarak sadel dan pedal dalam posisi paling nyaman, dan pilih gear yang memungkinkan Anda mengayuh dengan nyaman.

Pemanasan cukup

Yang terbaik adalah meliputi tubuh bagian atas. Lakukan peregangan pada kaki, betis, paha, pinggang, lengan, dan juga leher sebelum memulai aktivitas bersepeda.

Gerakan yang aman

Menjaga irama mengayuh dapat menghindari stress pada lutut Anda. Namun selain itu, hindari berdiri di atas pedal, karena seringkali dapat menyebabkan robekan pada meniscus (tulang rawan di sendi lutut).

Hal itu disebabkan oleh gesekan atau mikro trauma berlebihan pada lutut saat berdiri di atas pedal, terlebih jika intensitasnya cukup sering. Misal, karena banyak tanjakan, berkali-kali Anda berdiri di atas pedal.

Istirahat

Lakukan peregangan tubuh setiap satu jam bersepeda dan ambil waktu istirahat sekitar 10-15 menit guna menghindari overused injury.

Step-by-step train

Ibarat engsel, sendi tubuh bisa kaku jika jarang dilatih, semuda apapun usia Anda. Overused injury mengakibatkan peradangan pada lutut.

Itulah tips aman bersepeda, tentunya Manfaat bersepeda sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Artikel Lainnya : Cara menghilangkan Flu